DANLANUDAL KUPANG SAMBUT KRI DEWA RUCI YANG MEMBAWA LASKAR REMPAH DI PELABUHAN TENAU KUPANG

DANLANUDAL KUPANG SAMBUT KRI DEWA RUCI YANG MEMBAWA LASKAR REMPAH DI PELABUHAN TENAU KUPANG Portal Berita Militer Indonesia

DANLANUDAL KUPANG SAMBUT KRI DEWA RUCI YANG MEMBAWA LASKAR REMPAH DI PELABUHAN TENAU KUPANG

Sidoarjo, Puspenerbal (25/6)

Bacaan Lainnya

KRI Dewaruci yang membawa 149 Laskar Rempah tiba di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu(25/6). Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membawa Laskar Rempah sebanyak 149 orang perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia untuk perkenalkan budaya dari Nusa Tenggara Timur. Kegiatan penyambutan tersebut dihadiri oleh Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CIQnR., CIQaR., CRMP., Para PJU Lantamal VII Kupang, Danlanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin C., S.T., M.Tr.Hanla., PLT. Sekda Provinsi NTT Bapak Johanna E. Lisapali, Kadis Pendidikan Provinsi NTT ibu Henderina S. Laiskodat, Forkopimda NTT serta Laskar Rempah.

Para peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 atau Laskar Rempah merupakan pemuda-pemudi yang dipilih dari 34 provinsi di Indonesia yang berjumlah 149 orang, yang dibagi menjadi 4 kelompok yaitu pertama Kelompok Lada (35 orang) dengan rute pelayaran Surabaya-Makassar.
Kedua Kelompok Cengkeh (37 orang) dengan rute pelayaran Makassar-Baubau-Buton-Ternate dan Tidore. Ketiga Kelompok Pala (37 orang) dengan rute pelayaran Temate-Tidore-Banda Neira-Kupang dan terakhir Kelompok Cendana (38 orang) dengan rute pelayaran Kupang-Surabaya.

Danlantamal VII Kupang dalam amanatnya menyampaikan melalui program Muhibah Budaya Jalur Rempah ini diharapkan dapat menumbuhkan kebanggaan masyarakat di berbagai daerah sekaligus memperkuat jejaring interaksi budaya antar daerah sehingga menimbulkan semangat nasionalisme, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan Warisan Budaya dan Cagar Budaya Nasional, serta inisiasi berbagai program dan aktifitas terkait Jalur Rempah di daerahnya masing-masing sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan.

Muhibah Budaya Jalur Rempah dimulai dari 1 Juni 2022 hingga 2 Juli 2022 dengan menggunakan kapal legendaris KRI Dewaruci milik TNI AL. Kegiatan ini menyusuri enam titik Jalur Rempah yakni Surabaya, Makassar, Baubau dan Buton, Ternate dan Tidore, Banda Neira, dan Kupang serta dijadwalkan kembali ke Surabaya pada 2 Juli 2022(dar).
Sumber : Kabagpen Puspenerbal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.