Rusia akan Beri Nuklir ke Belarusia

Rusia akan Beri Nuklir ke Belarusia Portal Berita Militer Indonesia

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan  Rusia akan memberi Belarusia sistem rudal balistik jarak pendek Iskander-M yang berkemampuan nuklir.

Hal itu disampaikan Putin saat bertemu dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko  di Saint Petersburg  Sabtu 25 Juni 2022.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan sejumlah media dalam pertemuan itu  Lukashenko meminta “tanggapan simetris” untuk mengklaim penerbangan bersenjata nuklir oleh pesawat NATO di dekat perbatasan Belarusia.

Putin juga menawarkan kemungkinan peningkatan Su-25  Angkatan Udara Belarusia untuk bisa membawa senjata nuklir. Ini adalah pernyataan yang menarik karena orang dapat berargumen bahwa MiG-29 Belarusia akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk peran seperti itu.

Belarusia sempat mewarisi 81 rudal balistik antarbenua (ICBM) SS-25 Soviet dan sejumlah senjata nuklir taktis yang tidak diketahui setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991. Negara itu  mengembalikan  ke Rusia pada  1993 hingga 1996.

Simak selengkapnya dalam tayangan berikut:

Informasi Rusia akan Beri Nuklir ke Belarusia Sebelumnya sudah tayang di https://www.jejaktapak.com/2022/06/27/rusia-akan-beri-nuklir-ke-belarusia/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.