112 Taruna AAL Jalani Outbound di Program Lattek Followership

  • Whatsapp

Surabaya – 112 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat ll Angkatan ke-68 terlihat lepas dan gembira saat jalani materi outbound pada Latihan dan Praktek (Lattek) Followership di bawah bimbingan Departemen Kepemimpinan AAL yang digelar di Pondok Clacat, Pacet, Mojokerto, Jatim, Kamis (4/3).

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Departemen Kepemimpinan (Kadeppim) AAL Kolonel Laut (KH) Anon Hadi Susilo, S.Psi., M.Sc., M.Tr.Opsla mengatakan bahwa materi out bound ini merupakan bagian dari Lattek Followership yang berlangsung selama lima hari mulai tanggal 1 sampai dengan 5 Maret 2021.

Menurut Kadeppim, pelatihan di alam terbuka ini bertujuan untuk memberikan bekal latihan, supaya para Taruna mampu meningkatkan motivasi, integritas kepribadian dan produktivitas dari sebuah tim, dengan membentuk sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

“Sasaran dari latihan ini adalah agar para Taruna mampu mengasah dan meningkatkan kemampuan mereka dalam hal kepemimpinan, membangun tim yang solid, kompak dan efektif, membangun karakter diri yang positif seperti kepercayaan diri, keberanian, tidak egois dan sebagainya,” terang Anon-sapaan Kadeppim AAL ini.

Materi kepemimpinan yang diajarkan, lanjut Anon, antara lain yaitu: karapan sapi buta, spider web, limbah beracun, evakuasi korban, amazone river, trust fall dan beam.

Menurutnya, dalam dunia pendidikan saat ini, aspek karakter merupakan bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan sehingga harus digali, dipahami, diyakini dan selanjutnya dilaksanakan.

Salah satu bentuk perwujudannya lanjutnya, adalah latihan kepemimpinan melalui outbound dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan program pengasuhan, yaitu dengan meningkatkan kemampuan pola pengasuhan pengembangan karakter agar dapat membentuk jiwa kepemimpinan pada diri Taruna sebagai bekal dalam penugasannya sebagai calon pemimpin TNI/TNI AL masa depan.

(Arif|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *