38 Taruna AAL Tingkat III Korps Pelaut Rampung Jalani Latihan Praktek Keperwirajagaan

  • Whatsapp

Surabaya, militer.org – Sebanyak 38 Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67 Korps Pelaut berhasil merampungkan Latihan Praktek Keperwirajagaan tahun 2021 yang ditutup Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, M.Tr.Hanla di Gedung Andromeda, Deppel AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (23/4).

Menurut Kadeppel AAL, selama 10 hari latihan (12-23 April), 38 Taruna AAL Korps Pelaut ini telah menjalani pendalaman materi dan latihan praktek Keperwirajagaan yang dilaksanakan di Gedung Bawean, Bridge Simulator Andromeda dan Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet VIII-7 yang berlayar selama dua hari di Alur Pelabuhan Barat Surabaya (APBS).

Bacaan Lainnya

Latihan Praktek Keperwirajagaan ini lanjut Kadeppel AAL, merupakan latihan wajib yang harus dijalani setiap Taruna Korps Pelaut untuk mendapatkan pengetahuan dan kecakapan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai perwira jaga laut dan darat.

Secara umum tambahnya, latihan praktek ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktek kepada Taruna tentang peran-peran yang ada di kapal, prosedur dan tanggung jawab personel anjungan, penggunaan peralatan navigasi dan komunikasi yang ada dikapal, cara-cara berlayar sesuai aturan internasional, cara-cara berkomunikasi dengan kapal lain pada saat berlayar, penanggulangan keadaan darurat di kapal.

Selain itu, latihan praktek ini juga untuk mengetahui bagaimana adanya pengaruh luar dan dalam saat mengolah gerakkan kapal, penerapan peraturan PPTL dan Solas serta keselamatan dan kesehatan kerja.

Menurutnya, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Perwira lulusan AAL, institusi senantiasa memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada Taruna/Taruni sesuai dengan tuntutan penugasan awal di KRI agar mampu mengembangkan diri sebagai kader pemimpin TNI/TNI AL.

Dengan berakhirnya kegiatan latihan dan praktek Keperwirajagaan ini, lembaga berharap kepada seluruh Taruna Tingkat III Korps Pelaut Angkatan ke-67 memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Perwira Jaga Laut dan Perwira Jaga Darat, sehingga kelak dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan sebagai Perwira Jaga di KRI.

“Saya selaku Pimpiman Latihan mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) menyampaikan terimakasih kepada seluruh staf latihan dan para Taruna atas terselenggaranya latihan praktek ini semoga latihan ini dapat bermanfaat dalam kedinasan nantinya,” pungkasnya. (wan/yat/aal)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *