42 Taruna Tingkat ll Korps Pelaut Selesaikan Latihan Praktek Navigasi Astronomi

  • Whatsapp

Surabaya – Sebanyak 42 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan ke-68 Korps Pelaut, berhasil menyelesaikan Latihan Praktek (Lattek) Navigasi Astronomi setelah 10 hari berlatih di Bridge Simulator, Gedung Andromeda, Departemen Pelaut AAL dan Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet.

Hal tersebut disampaikan Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL, Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, M. Tr.Hanla. saat menutup pelaksanaan Latihan Praktek Navigasi Astronomi bagi Taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-68 Korps Pelaut di gedung Andromeda AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (10/5).

Bacaan Lainnya

Kadeppel AAL mewakili Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) mengatakan, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme perwira lulusan AAL, institusi senantiasa memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada Taruna/Taruni sesuai dengan tuntutan penugasan awal di KRI agar mampu mengembangkan diri sebagai kader pemimpin TNI/TNI AL.

“Upacara penutupan hari ini merupakan tanda berakhirnya Latihan Praktek Navigasi Astronomi Taruna Tingkat II Korps Pelaut Angkatan ke-68 TA 2021 yang di selenggarakan oleh Departemen Pelaut selaku Prodi Manajemen Pertahanan Matra Laut,” ungkapnya.

Dengan berakhirnya kegiatan latihan praktek navigasi astronomi ini lanjutnya, lembaga pendidikan AAL berharap kepada seluruh Taruna Tingkat II Korps Pelaut Angkatan ke-68, agar memiliki pengetahunan dan keterampilan dalam menerapkan teori dan mengoperasikan peralatan navigasi astronomi dengan tepat dan teliti dalam menentukan posisi kapal saat berlayar sehingga kelak dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan di KRI.

“Pada kesempatan ini, saya mewakili Gubernur Akademi Angkatan Laut menyampaikan terimakasih kepada seluruh staf latihan dan para Taruna atas terselenggaranya latihan praktek ini semoga latihan ini dapat bermanfaat dalam kedinasan nantinya,” pungkasnya.

Sementara itu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek Navigasi Astronomi, Mayor Laut (P) Bagus Waluya mengatakan latihan ini diikuti 42 Taruna/Taruni AAL Tingkat II angkatan ke-68 Korps Pelaut di bawah bimbingan Instruktur dari Deppel AAL dan Perwira KAL Kadet.

“Selama latihan para Taruna memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam pelayaran, diantaranya para Taruna mampu dan terampil dalam menentukan posisi matahari pada saat kapal bergerak, memperhitungan posisi matahari saat kapal bergerak, memperhitungan posisi dengan referensi 3 bintang dan lain sebagainya”, terangnya.

Ia juga menegaskan selama pelaksanaan Lattek, seluruh staf latihan, instruktur dan peserta Lattek tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M.

(Rohman|bagpen AAL)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *