Koarmada III Terima Kendaraan Khusus Mobil Fastlab PCR TNI AL

  • Whatsapp

Koarmada III Terima Kendaraan Khusus Mobil Fastlab PCR TNI AL

Komando Armada (Koarmada) III menerima sejumlah kendaraan dinas dari Mabes Angkatan Laut (Mabesal) untuk kelancaran tugas-tugasnya, antara lain dua unit kendaraan pelayanan kesehatan, yaitu kendaraan khusus mobil Fasilitas Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) TNI AL dan mobil pendukung operasionalnya. Kedua kendaraan tersebut sebagai salah satu langkah percepatan layanan laboratorium tes swab prajurit TNI AL dan masyarakat di Sorong.

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) meninjau langsung kendaraan khusus mobil Fastlab PCR TNI AL dengan nomor registrasi sementara AL 22913-00 di Mako Koarmada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Jumat (5/3/2021). Fasilitas ini telah diserahterimakan dari Staf Logistik Koarmada III kepada Balai Kesehatan Koarmada III untuk dioperasionalkan.

Pangkoarmada III mengatakan bahwa Pemimpin TNI Angkatan Laut terus memperhatikan kesehatan prajurit dan keluarga secara berkelanjutan, khususnya bagi prajurit yang bertugas di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Marinir dan Pangkalan dalam melaksanakan tugas-tugasnya menjaga kedaulatan negara di laut.

“Salah satu bentuk perhatian ini dengan memberikan bantuan mobil mesin Polymerase Chain Reaction (PCR). Fasilitas mobil ini sangat penting untuk PCR Swab prajurit yang bertugas di lapangan karena PCR merupakan pemeriksaan laboratorium dapat mendeteksi material genetik dari sel, bakteri atau virus. Saat ini juga digunakan mendiagnosis penyakit Covid-19. Tes PCR merupakan diagnostik yang dianggap paling akurat untuk memastikan apakah seseorang menderita Covid-19 atau tidak. Tes PCR merupakan gold standard dalam mendiagnosa infeksi Covid-19” ujarnya(red)
Sumber :  Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *