Tiga Pejabat Utama Akademi Angkatan Laut Berganti

  • Whatsapp

Tiga Pejabat Utama Akademi Angkatan Laut Berganti

Surabaya, (13/3/2021).

Tiga Pejabat Utama Akademi Angkatan Laut (AAL) berganti, Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga jabatan strategis tersebut dipimpin langsung Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) di gedung R. Soebijakto, Mako AAL Bumimoro, Surabaya, Sabtu (13/3).

Tiga jabatan tersebut adalah Direktur Personel (Dirpers) AAL diserahterimakan Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P., CHRMP yang mendapat tugas baru sebagai Komandan Lanal Bandung kepada Kolonel Laut (E) Prasetyo Tri Yudanto, S.T., M.A.P., CHRMP lulusan AAL Angkatan ke-40 tahun 1994 yang sebelumnya menjabat Aspers Pangkoarmada III Sorong.

Kemudian Kepala Departemen Suplai (Kadeplai) AAL diserahterimakan Kolonel Laut (S) Mukti Gilang Mulyawan, S.E., M.M., M.Tr. Opsla. yang melaksanakan pendidikan Sesko TNI di Bandung kepada Kolonel Laut (S) Budi Wijaya Affandi, S.H., M.Si. lulusan AAL Angkatan ke-42 tahun 1996, yang sebelumnya menjabat Asrena Danlantamal XIII/Tarakan, Kalimantan Utara.

Sedangkan jabatan Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL diserahterimakan dari Kolonel Marinir Teddy Yulianda Bakri, M.Tr.Opsla. yang mendapat pos baru sebagai Aslog Danpasmar 2 Kormar kepada Letkol Marinir Datuk Sinaga, lulusan AAL Angkatan ke-44 tahun 1998, yang sebelumnya menjabat Pabanren Srena Kormar.

Gubernur AAL dalam sambutannya mengatakan, Sertijab di lingkungan TNI AL merupakan bagian dari suatu proses pembinaan organisasi yang secara rutin dilaksanakan.

“Sertijab mengandung makna penting dan strategis yang merupakan penjabaran lanjut dari kebijakan pembinaan personel TNI AL sebagai upaya regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan dijajaran AAL khususnya, baik itu perpindahan jabatan maupun tugas belajar, sebagai bagian persyaratan karier di TNI,” terangnya.

Atas dasar hal tersebut, lanjut Gubernur AAL, diharapkan akan muncul ide-ide pemikiran baru yang semakin kreatif dan inovatif yang mampu memberikan jawaban rasional terhadap tantangan masa depan yang semakin kompleks.

Menurutnya, pergantian jabatan ini bukan hanya sekedar proses seremonial semata, akan tetapi lebih bermakna substansial, yaitu suatu proses kesinambungan pembinaan satuan yang bermuara kepada peningkatan kualitas perwira TNI AL yang profesional, maju dan adaptif.

“Ini menunjukkan kepada kita semua, bahwa penempatan jabatan di AAL dilaksanakan secara selektif dan mempunyai jangkauan strategis ke depan, oleh karena itu merupakan suatu tantangan bagi kita semua yang bertugas di AAL ini, untuk menjadikan AAL sebagai akademi berkelas dunia, atau World Class Naval Academy, yang dapat disejajarkan dengan Akademi Angkatan Laut negara-negara maju,” tegasnya.

Kepada pejabat lama Gubernur AAL mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan dharma baktinya selama bertugas di AAL, selamat datang kepada pejabat baru dan selamat bekerja dan bertugas.

Hadir dalam acara sertijab ini Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.Tr.Opsla., Seklem AAL Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr.Opsla., pejabat utama AAL, Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. dr. Nita Tunggul Suropati beserta pengurus, perwakilan perwira, PNS dan Taruna AAL.

Sumber : Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *