Ada Amerika Dibalik Tank Medium Harimau Hitam Buatan Indonesia

  • Whatsapp

Dirilis oleh janes.com, Perusahaan Amerika Serikat Allison Transmission telah mengonfirmasi keikutsertaannya dalam program Indonesia untuk membangun Tank Medium Harimau Hitam untuk Angkatan Bersenjata Indonesia (TNI-AD).

Allison Transmission mengatakan pada 18 Mei bahwa pihaknya baru-baru ini berkolaborasi dengan kontraktor utama lainnya dalam program Tank Medium Harimau Hitam untuk mengintegrasikan “cross-drive transmission technology” ke dalam tank berbobot 30 ton.

Transmisi tersebut, diklaim, memberikan kemampuan penggerak, kemudi dan pengereman dan diproduksi di bawah lisensi oleh Caterpillar Defense di Inggris.

“Baru-baru ini Allison Transmission telah berkolaborasi dengan Caterpillar Defense, (perusahaan Turki) FNSS, dan PT Pindad (Indonesia) untuk menyediakan Tank Medium baru untuk Angkatan Bersenjata Indonesia yang dikenal sebagai Harimau Hitam,” menurut siaran pers.

Kerja sama ini menyusul kesepakatan antara PT Pindad dan FNSS – perusahaan patungan antara Nurol Holding Turki dan BAE Systems – pada Februari 2019 untuk memulai produksi 18 tank awal. Beberapa dari tank ini diharapkan akan dibangun di Turki, sisanya oleh PT Pindad di fasilitas pabriknya Bandung.

Tank ini didukung oleh mesin diesel Caterpillar C13 dan persenjataan dilengkapi dengan two-man turret yang disediakan oleh John Cockerill Defense C3105, yang membawa meriam Cockerill 105 high-pressure (HP).

Informasi Ada Amerika Dibalik Tank Medium Harimau Hitam Buatan Indonesia Sudah Tayang ›› Disini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *