Amerika Ingin Hidupkan Armada AL ke-1 Bermarkas di Singapura?

  • Whatsapp

Sebagai negara adidaya polisi dunia dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Amerika Serikat (AS) punya armada perang yang di parkir di seluruh penjuru dunia.

Total AS mengawasi dunia dengan 7 armada militer yang masing-masing bekerja aktif, mengawasi kadang mengeksekusi. Masing-masong kekuatan armada ada 50 hingga 70 kapal dan kapal selam, 150 pesawat, dan sekitar 20.000 orang pelaut.

Dari ke-7 armada itu, ada satu yang dimatikan yaitu armada ke-1 yang meliputi kawasan ASEAN dan Samudera Hinda. Kewenanganya diambil alih Armada ke-7.

Nah, AS menyadari jika Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat yang berpangkalan di Yokosuka, Jepang, mengawaso wilayah yang terlalu luas, membentang dari Hawaii hingga perbatasan India-Pakistan, meliputi wilayah laut 36 negara dan 50% populasi dunia.

Ini adalah armada terbesar Angkatan Laut AS terbesar namun juga terluas, bisa memangkas efisiensi pengerahan personel militer.

AS berencana menghidupkan lagi “Armada Ke-1” yang baru di Pasifik yang berpangkalan lebih dekat ke Samudra Hindia, mungkin di Singapura, kata Secretary of the Navy Kenneth Braithwaite hari Selasa (17/11).

“Kami ingin mendirikan armadabaru. Dan kami ingin menempatkan armada itu di persimpangan antara Samudra Hindia dan Pasifik,” kata Braithwaite kepada audiensi virtual yang menghadiri konferensi Naval Submarine League. “Dengan demikian kami benar-benar akan memiliki pijakan Indo-PACOM.”

Sumber : asia.nikkei.com, vua FP TSM

Informasi Amerika Ingin Hidupkan Armada AL ke-1 Bermarkas di Singapura? Sudah Tayang ›› Disini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *