by

Anggota Koramil Warungasem Jalin Komunikasi Dengan Kelompok Peternakan Sapi Lembu Joyo

Berita MIliter

BATANG – Anggota TNI yang merupakan Babinsa Koramil 11/Warungasem Serda Sugeng terlihat melaksanakan komunikasi sosial dengan mengunjungi Kelompok Ternak Sapi ‘Lembu Joyo’ yang ada di Desa Pejambon Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Rabu(23/01/2019). Kelompok ternak Lembu Joyo yang diketuai oleh Bpk Kuswandi ini beranggotakan 15 orang,dan saat ini memelihara sapi sekitar 80 ekor dengan keuntungan rata-rata 4 sampai 6 juta perekornya,tentu ini menjadi bisnis yang menjanjikan untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat setempat.

Kepada Babinsa,Kuswandi(44) menjelaskan bahwa beternak sapi potong ada beberapa faktor untuk kesuksesan yaitu pemilihan bibit,persyaratan kandang dan peralatan pendukung.Dalam pemilihan bibit, Kuswandi memilih jenis sapi lokal yaitu sapi bali,sapi brahman dan sapi madura.Menurutnya jenis sapi diatas tidak terlalu selektif terhadap pakan,tahan cuaca panas dan tahan terhadap serangan nyamuk serta caplak.

Sedangkan untuk kandang yang paling ideal adalah jauh dari pemukiman penduduk,usahakan sinar matahari bisa langsung kepelataran untuk menjaga kelembaban kandang.Untuk menjaga kehangatan juga bisa menggunakan jerami kering sebagai alas kandang, untuk perawatan kandang juga harus rutin dilakukan penyemprotan dengan larutan desinfektan untuk mencegah jamur dan timbulnya penyakit.

Kuswandi juga menjelaskan dalam kelompoknya selalu berupaya untuk meningkatkan ternaknya berkembang lebih baik dan nantinya dapat bertambah banyak sehingga kebutuhan kelompok dapat tercukupi, untuk memelihara sapi secara kelompok tidak mudah karena perlu kekompakan serta pemahaman tentang ketentuan-ketentuan yang harus disepakati bersama.

“Pokoknya harus kompak pak,kita bagi-bagi tugas dalam pemeliharaanya,kita juga senang dan tidak menutup pintu bagi pak Babinsa jika mau bergabung atau tanam modal,karenanya ternak ini prospeknya sangat menjanjikan,”ungkapnya kepada Serda Sugeng.

Sementara Serda Sugeng yang juga Babinsa Pejambon mengatakan bahwa kehadirannya sebagai upaya untuk bersilahturohmi kepada kelompok peternak Sapi lembu joyo sekaligus untuk belajar dan mengetahui perkembangan kondisi ternak sapi serta permasalahan lain sehingga dapat diambil langkah untuk kemajuan kelompok.Pada kesempatan tersebut Serda Sugeng juga mengucapkan terima kasih karena dapat ilmu baru dibidang peternakan, ilmu tentang cara ternak Sapi serta bisa saling kenal kepada anggota peternak di Desa Pejambon ini.

“Terima kasih pak,atas penjelasannya ,ini ilmu yang bermanfaat,siapa tahu nanti saya juga beternak sapi.Saya berharap komunikasi ini nantinya dapat berkelanjutan sehingga terjalin hubungan yang baik.
Dengan silahturahmi inilah kita mendapatkan teman, saudara yang tentunya sejalan dengan tugas dalam pembinaan suatu wilayah, dengan harapan dapat tercipta hubungan harmonis antara Babinsa dan warga masyarakat dan bersatu padu untuk bersama sama menciptakan kondisi yang aman dan nyaman,”ungkapnya. (Pendim0736|red)

Anggota Koramil Warungasem Jalin Komunikasi Dengan Kelompok Peternakan Sapi Lembu Joyo


Loading...

Penulis : militer

Gravatar Image
Berita militer Indonesia dan dunia - Portal Berita Militer, mengangkat pemberitaan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik indonesia, Serta perkembangan militer dan sinergritas TNI POLRI, Alutsista kekuatan militer TNI POLRI dan internasional, Terbaru dan Terupdate

Comment