Antisipasi Penyebaran Covid-19, AAL Gelar Test Usap Massal Personel dan Taruna

  • Whatsapp

Surabaya – Untuk mengantisipasi penyebaran kasus terkonfirmasi Covbid-19 yang berkembang pasca lebaran Idul Fitri di Bangkalan, Madura dan Surabaya sekitarnya, Akademi Angkatan Laut (AAL) juga mengambil langkah-langkah preventif dengan melaksanakan swab massal bagi personel dan Taruna AAL beberapa hari ini.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur AAL Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.S.i., M.Tr (Han), mewakili Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) saat meninjau pelaksanaan swab yang di gelar di Subditkes AAL dan Gelanggang Olahraga Jala Krida Raga, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (10/6).

Bacaan Lainnya

Menurut Wagub AAL, dalam swab masal yang dilakukan Subditkes Ditpers AAL ini, diikuti seluruh pejabat AAL, perwira, bintara, tamtama dan Taruna AAL secara bergilir dengan tetap menarapkan protokol kesehatan yang ketat.

Diakui Wagub AAL, apa yang dikhawatirkan selama ini, yakni terjadi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Idul Fitri di beberapa wilayah memang bisa terjadi. Potensi penyebaran baru terhadap personel AAL yang berinteraksi dengan masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing tetaplah ada.

Untuk itu lanjut Wagub, AAL melakukan langkah-langkah yang harus diambil sesuai anjuran pemerintah dalam mengantisipasi dan menangani pandemik Covid-19. Selain mendisiplinkan personel dalam menerapkan protokol kesehatan 5 M, AAL juga melaksanakan langkah 3 T (testing, tracing, treatment) bagi personelnya, dalam memutus penyebaran Covid-19 ini.

Menurutnya, pelaksanaan 3T juga bertujuan menemukan orang yang positif Covid-19 sedini mungkin ketika mereka masih mengalami gejala ringan. Sebab, mereka yang menjalani perawatan sejak mengalami gejala sakit ringan, peluangnya sembuh dari Covid-19 lebih besar.

“Penyembuhannya kemungkinan malah tidak memerlukan obat, tapi melalui istirahat yang cukup, makan yang cukup dan bergizi, peningkatan daya tahan tubuh dengan olahraga atau meminum vitamin untuk daya tahan tubuh,” ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, Gubernur AAL telah menginstruksikan kepada seluruh personel dijajarannya untuk melaksanakan tes usap dan terbuka terhadap proses penelusuran kontak. Karena dengan keterbukaan dalam proses 3T ini, akan membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Tampak hadir dalam peninjauan tersebut Direktur Personel (Dirpers) AAL, Kolonel Laut (E) Prasetyo Tri Yudanto, S.T., M.A.P., CHRMP, Kasubditkes Ditpers AAL Letkol Laut (K) dr. Heru Nurdianto, Sp.U dan Karumkit Nainggolan AAL, Mayor Laut (K) Drg. Sophian.

(Rohman|bagpen AAL)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *