Babinsa Koramil 02/Wasile Kodim 1505/Tidore Bantu perawatan Tomat Petani.

  • Whatsapp

Paradigmaindonesia – Babinsa Koramil-02/Wasile Kodim 1505/Tidore Sertu Hartono membantu petani merawat tanaman tomat yang tumbuh subur di persawahan, kebun tersebut milik keluarga Bapak Munari yang berada di areal perkebunan Desa Tutuling Jaya Kecamatan Wasile Timur, Kabupaten Halmahera Timur.

Bacaan Lainnya

Di sela-sela kesibukannya sebagai Babinsa di wilayah binaannya, Sertu Hartono selalu aktif mendampingi kelompok tani yang berada di daerah binaan.

Pembinaaan terhadap petani tomat yang dilakukan Sertu Hartono untuk menjalin komunikasi dengan para petani guna mengetahui keluh kesah dan kendala yang dihadapi petani.

Serda Hartono menjelaskan, Perawatan pembersihan rumput di sekitar pohon tomat sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur agar membuahkan hasil yang besar dan banyak, cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabe yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian anjir atau tali (penopang), pemberian pupuk organik, dan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.

Bapak Munari selaku pemilik lahan tersebut mengatakan, dirinya senang dengan kehadiran bapak Babinsa, yang tidak segan-segan terjun langsung untuk membantu.

“Keberadaan Babinsa dapat memotivasi para petani sehingga lebih giat dalam mengolah lahan pertaniannya, dan selalu menampung keluh kesah para petani untuk dicarikan solusinya,” Ujar bapak Munari.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *