Babinsa Wonorejo Rungkut hadiri Pelantikan Ketua KPPS, apa tugas TNI dalam Pilkada ?

  • Whatsapp

Surabaya – Warga Masyarakat Kota Surabaya dalam beberapa Minggu kedepan akan disibukan oleh informasi-informasi tentang Walikota Surabaya yang baru. Saat ini 154 Kelurahan di Kota Pahlawan ini disibukan oleh kegiatan Pelantikan Ketua KPPS maaing-maaing wilayah dengan jumlah sesuai dengan TPS (Tempat Pemungutan Suara). Pada hari Minggu tanggal 22 November 2020 pukul 19.30 wib Babinsa Koramil 0831/05 Rungkut wilayah Kelurahan Wonorejo, Sertu Sudomo bersama Bhabinkamtibmas Polsek Rungkut, Bripka Syaiful menghadiri pelaksanaan pelantikan Ketua KPPS yang berjumlah 31 (tiga puluh satu) Ketua KPPS Kel. Wonorejo Kec. Rungkut bertempat di Pendopo kantor Kel. Wonorejo Jalan Raya Wonorejo No.01 Surabaya.

Bacaan Lainnya

Ada lima tugas TNI dalam melaksanakan perbantuan tersebut yaitu,
Pertama, penebalan/bersama Polri pada setiap tahapan Pilkada meliputi pengamanan pendaftaran dan penetapan pasangan calon, pengamanan kampanye, pengamanan masa tenang, pengamanan pemungutan suara di TPS, pengamanan penetapan hasil pemungutan suara.
Kedua, bersama Polri pengamanan pejabat penyelenggara, pengawas dan pasangan calon.
Ketiga, bersama polri pengamanan obyek prioritas pengamanan Pilkada meliputi kantor KPU, Kantor Bawaslu/Panwas, Kantor Parpol, Kantor PPK, Kantor PPS, rumah pasangan calon, rumah Ketua KPU dan rumah Ketua Bawaslu.
Keempat, TNI bersama Polri mendukung kegiatan cipta kondisi meliput patroli gabungan, sosialisasi kepada masyarakat utnuk menjaga situasi pilkada yang kondusif, mengkoordinir pengamanan TPS dengan mengedepankan unsur Polri dan Pemda.
Kelima, mendukung perkuatan Polri untuk antisipasi kontijensi akibat konflik horisontal meliputi mempertebal kekuatan cadangan polri dan pengamanan objek vital nasional.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Lurah Wonorejo, Rudy, S.Sos, Babinsa Kel. Wonorejo Koramil 0831/05 Rungkut, Sertu Sudomo, Bhabinkabtibmas Kel. Wonorejo, Bripka Syaiful, Ketua PPS Kel. Wonorejo, Panwaslu Kel. Wonorejo, Ketua KPPS Kel. Wonorejo, Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilwali Surabaya 2020 berjumlah 2.193.000. Para pemilih itu akan memilih di 5.161 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Surabaya. Sedangkan untuk pelantikan petugas KPPS, akan dilakukan di masing-masing TPS tepat pada hari pencoblosan 9 Desember 2020. Nantinya ketua KPPS yang akan melantik anggotanya. (mm05|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *