BANGUN SOLIDITAS PEMANGKU KERJASAMA INTERNASIONAL, TNI AL GELAR RAKORTAS KERSIN

  • Whatsapp

Jakarta – Dalam rangka membangun soliditas dan sinergitas antar pemangku kepentingan kerja sama internasional di Satuan Kerja (Satker) atau kedinasan terkait di lingkungan TNI Angkatan Laut, TNI AL dalam hal ini Staf Operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) menggelar Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Kerjasama Internasional (Kersin) TNI AL Tahun 2020 bertempat di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (22/12).

Kegiatan melalui tatap muka dan virtual ini dilaksanakan agar diplomasi yang dilaksanakan dapat selaras dengan kebijakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahtjanto, S.I.P., dalam mendukung kebijakan luar negeri pemerintah Republik Indonesia serta kebijakan strategi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional.

Bacaan Lainnya

Rakortas Kersin TNI AL yang dibuka oleh Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AL (Kadisopslatal) Laksamana Pertama TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P., mewakili Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.

Asops Kasal dalam amanat tertulis yang dibacakan Kadisopslatal mengatakan bahwa kegiatan Rakortas Kersin ini merupakan forum komunikasi dan koordinasi antara satker TNI Angkatan Laut yang melaksanakan implementasi kerja sama internasional untuk memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kerja sama internasional di bidang latihan, operasi, pendidikan, intelijen, dan personel.

Menurut Asops Kasal, TNI AL kedepan akan menghadapi banyak tantangan dalam pelaksanaan kegiatan-Kegiatan Kersin. “Mari kita menjadi bagian dari solusi disetiap tantangan tersebut untuk memberikan kontribusi yang lebih baik dalam setiap kegiatan diplomasi pertahanan yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut”, ujarnya.

Agenda kegiatan diisi dengan sejumlah paparan yaitu Kebijakan pemerintah Indonesia mengenai Kersin TNI Tahun 2021 oleh Puskersin TNI; Evaluasi Kersin Tahun 2020 Bidang Intelijen oleh Paban IV Hublu Sintelal; Evaluasi Kersin secara umum oleh Paban V Straops dan Diplomasi; Evaluasi Kersin Tahun 2020 Bidang Operasi, latihan dan Pendidikan oleh Paban II Ops Sopsal, Paban III Lat Sopsal dan Disdikal serta paparan Evaluasi Kersin Pushidrosal tahun 2020 oleh Dirpamkersamtas Pushidrosal.

(Ivan|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *