by

10 Senapan Mesin Ringan Terbaik di Dunia

Berita MIliter

Task & Purpose

Banyak senapan mesin ringan yang saat ini digunakan di seluruh dunia. Kita akan mengambil 10 yang terbaik di antara mereka. Analisa akan didasarkan pada gabungan dari skor akurasi, keandalan, jangkauan, penetrasi, kapasitas magazine, jumlah produksi, jumlah pengguna, dan beberapa fitur lainnya.

Daftar ini hanya mencakup senapan mesin ringan modern yang saat ini digunakan. Tidak termasuk prototipe yang belum diproduksi, atau senjata usangyang tidak lagi digunakan.

Inilah 10 senapan mesin ringan terbaik di dunia saat ini:

1. Heckler & Koch MP5 (Jerman)

Senapan mesin ringan MP5 dikembangkan oleh perusahaan Heckler & Koch pada awal 1960-an. Senjata ini terbukti menjadi desain yang sangat sukses. Pada tahun 1966 diadopsi oleh polisi Jerman Barat, penjaga perbatasan dan pasukan khusus. Meskipun banyak muncul senapan mesin ringan baru yang lebih berteknologi tinggi MP5 tetap masih digunakan di hampir 90 negara, termasuk Jerman. Produksinya masih berlanjut. Senjata ini diproduksi secara lisensi di Yunani, Iran, Meksiko, Pakistan, Arab Saudi, Sudan, Turki dan Inggris.

Heckler & Koch MP5 adalah salah satu senjata api paling terkenal di kelas ini. Satu-satunya saingannya dalam hal proliferasi adalah senapan mesin ringan Uzi Israel.

MP5 adalah senapan dengan sistem operasi blowback,  selective fire weapon, dengan bilik untuk amunisi Parabellum Standar 9×19 mm. Namun senapan mesin ringan ini tidak biasa karena tembakan dari baut tertutup dan memiliki mekanisme blowback roller-delay, mirip dengan senapan otomatis Heckler & Koch G3.  Hal ini menjadikan senjata ini memiliki akurasi tinggi. Senapan mesin ringan ini dapat dilihat sebagai versi G3 yang diperkecil dan di-resambing. MP5 adalah senjata berkualitas tinggi, andal dan akurat.

Unit pemicu dari MP5 HK tersedia dengan berbagai opsi mode tembakan, termasuk semi-otomatis, full-otomatis dan berbagai mode burst. Versi modern memiliki kontrol mode tembakan ambidextrous, yang dipasang di kedua sisi receiver. Pegangan cocking dipasang di bagian depan receiver di sisi kiri.

Model produksi pertama MP5 menggunakan magazine kotak lurus. Pada tahun 1977, sebuah majalah melengkung diperkenalkan dengan kapasitas 15 atau 30 putaran. SMG ini juga kompatibel dengan 100-round drum magazines.

Sights senapan mesin ringan ini mirip dengan model senjata Heckler & Koch lainnya dan terdiri dari diopter depan pos dan belakang. Red-dot, optik atau sight malam dapat dipasang pada penjepit yang dapat dilepas cepat. Jarak tembak efektif hingga 100 meter.

2. Uzi (Israel)

Uzi Submachine Gun (SMG) dirancang oleh Uziel Gal, seorang letnan Angkatan Darat Israel, pada tahun 1949. Senjata ini dinamai untuk menghormati perancangnya dan secara resmi diadopsi pada tahun 1951 dengan pertama kali diperkenalkan ke pasukan khusus tentara Israel pada tahun 1954.

Dua tahun kemudian ia menjadi senjata submachine standar Angkatan Pertahanan Israel. Senjata ini dipilih oleh tentara Israel karena kesederhanaan dan kemudahan produksinya. Uzi terbukti menjadi desain yang sangat sukses  yang akhirnya telah diadopsi oleh lebih dari 90 negara di seluruh dunia baik untuk penggunaan militer atau polisi.

Saat ini masih digunakan oleh sekitar 70 negara dari seluruh dunia. Versi yang ditingkatkan dari senjata ini masih diproduksi di Israel. Uzi juga diproduksi secara lisensi di Belgia dan Rhodesia (sekarang Zimbabwe). Juga diproduksi tanpa lisensi di China dan Kroasia.

Uzi sederhana dalam desain dan teknologi. Senjata dibuat terutama dari lembaran logam bermotif. Juga memiliki bagian pemotongan yang relatif sedikit. Senjata ini menggunakan open bolt, pengoperasian blowback dan menggunakan bilik untuk putaran Parabellum Standar 9×19 mm.

Senjata ini dilengkapi dengan switch pengaman manual, yang juga merupakan pemilih mode tembakan baik mode semi-otomatis dan full-otomatis. Ada tombol pengaman pegangan otomatis tambahan. Senjata itu tidak akan menyala sampai kedua pengaman itu dilepaskan. Fitur-fitur ini mengurangi kemungkinan penembakan tanpa disengaja.

Senjata ini mudah digunakan dan dirawat. Mudah dilepas dengan mudah untuk perawatan dan perbaikan. Uzi terbukti menjadi senjata andal, meski masih bisa macet jika tidak dibersihkan secara teratur.

Magazine ditempatkan di pegangan senapan. Fitur ini membuat senjata lebih pendek dan reload menjadi lebih intuitif. Fitur desain ini dipinjam dari senapan mesin ringan eksperimental Inggris MCEM-2, atau senapan submachine Cekoslowakia Sa vz.23.  Uzi diberi menggunakan magazine kotak dengan 25, 32, 40, atau 50 peluru.

Model produksi awal memiliki pegangan kayu yang bisa dilepas. Pada model produksi selanjutnya, stok logam yang bisa dilipat dipasang sebagai standar. Kelemahan dari Uzi adalah jangkauan dan keakuratannya yang terbatas, terutama dalam mode full-auto.

3. FN P90 (Belgia)

P90 bukanlah senapan mesin ringan biasa. Senata ini dikembangkan di Belgia oleh Fabrique Nationale (FN) pada akhir 1980-an dan menggunakan bilik untuk amunisi yang sepenuhnya baru dan dimaksudkan sebagai senjata pertahanan pribadi untuk pasukan non-garis depan, pengemudi kendaraan, tank dan awak artileri.

Saat diperkenalkan pada awal 1990-an FN P90 dianggap sebagai senjata generasi baru karena merupakan senjata pertahanan pribadi pertama dan dalam hal dimensi, berat dan senjata mengambil posisi tengah antara senapan mesin ringan dan senapan serbu. P90 sangat sukses dan saat ini beroperasi dengan hampir 50 negara, di mana ia digunakan oleh pasukan militer dan penegakan hukum.

FN P90 adalah desain benar-benar baru dengan sejumlah fitur yang tidak biasa.  Senjata ini menggunakan operasi blowback, selective fire weapon dengan bullpup layout, dan tembakan dari closed bolt.

Menggunakan bilik amunisi baru 5.7×28 mm dengan hidung peluru tajam yang meningkatkan penetrasi dibandingkan dengan putaran Parabellum Standart 9×19 mm serta efektif terhadap pelindung tubuh pada kisaran 100 m dan seterusnya.  Hal ini menyerupai putaran standar NATO 5.56×45 mm. Akhirnya P90 secara signifikan meningkatkan jangkauan dan penetrasi dibandingkan dengan senapan mesin ringan standar.

FN P90 memiliki ukuran dan berat minimal. Furniturnya terbuat dari polimer tahan benturan. Senapan mesin ringan ini mudah digunakan dan dirawat serta memiliki resoil rendah dan dapat dengan mudah dikontrol dengan satu tangan.

Karena ukurannya yang ringkas, jangkauan, penetrasi dan kapasitas magazine yang tinggi, FN P90 sering digunakan untuk peran  yang secara langsung berlawanan dengan peran aslinya. Senjata ini sering digunakan untuk peran ofensif pada jarak dekat. Terkadang digunakan sebagai senjata utama tim penyerang.

FN P90 sepenuhnya ambidextrous. Ini memiliki pegangan pengisian yang terletak di kedua sisi receiver. Tombol pengaman terletak di bawah pemicu.

P90 memiliki magazine yang tidak biasa, yang terletak di atas laras. Fitur ini memungkinkan untuk membuat senjata sekompleks mungkin. Magazine terbuat dari polimer semi-transparan dan memiliki 50 putaran. Ini adalah kapasitas yang mengesankan untuk senapan mesin ringan.

Senapan mesin ringan ini hadir dengan sight integral tanpa pembesar. Cadangan pemandangan besi disediakan. P90 dapat berisi modul integral laser yang mengarah ke pegangan depan. Ini mengirimkan sinar laser baik yang terlihat atau infra merah. Senjata ini memiliki jangkauan efektif 150-200 meter dan dapat menembus helm standar US Army pada kisaran 150 m. FN P90 SMG kompatibel dengan peredam, yang digunakan bersama dengan amunisi subsonik khusus.

4. Heckler & Koch MP7 (Jerman)

Senapan mesin ringan MP7 dikembangkan oleh perusahaan Heckler & Koch yang terkenal di Jerman. Awalnya senjata ini dikenal sebagai HK PDW atau Personal Defense Weapon dan  dirancang sebagai pesaing untuk FN P90 Belgia yang sukses.

Senjata Jerman menggunakan amunisi menengah baru dan dimaksudkan untuk pasukan non-garis depan, pengemudi kendaraan, awak tank dan artileri, serta unit pasukan khusus, tim perlindungan VIP dan unit penyelamatan sandera. MP7 pertama kali diungkap pada tahun 2000 dengan produksi dimulai pada tahun 2001. Saat ini dalam pelayanan dengan Jerman dan lebih dari 20 negara lain, termasuk Korea Selatan dan Inggris.

Heckler & Koch MP7 adalah senjata api selektif yang dioperasikan dengan gas. Desain internalnya mirip dengan senapan serbu HK G36, tetapi lebih kecil. Selain itu memiliki tata letak senapan mesin ringan yang khas. SMG menggunakan bilik untuk amunisi berkecepatan tinggi Heckler & Koch 4.6×30 mm. Amunisi ini juga digunakan oleh pistol HK UCP. Putaran 4,6×30 mm cocok dengan jarak antara putaran pistol dan rifle round. Ini lebih unggul dalam hal jangkauan dan penetrasi dibandingkan Parabellum Standart 9×19 mm yang digunakan oleh sebagian besar senapan mesin ringan.

MP7 memiliki dimensi dan berat senapan mesin ringan yang khas, tetapi pada jarak dekat memberikan tembakan seperti senapan serbu. Diklaim bahwa MP7 menembus pelindung tubuh CRISAT standar pada jarak 200 m.

Banyak operator menggunakan senjata ini untuk menyerang, daripada sebagai peran defensif. MP7 sering digunakan untuk peran ofensif oleh tim penyerang atau pasukan operasi khusus untuk pertempuran jarak dekat. Kadang-kadang bahkan digunakan sebagai senjata utama.

Sakelar pemilih keselamatan dan mode api ambidextrous memungkinkan penembakan tunggal atau atau otomatis penuh. Tuas penguncian ambidextrous terletak di bagian belakang receiver dan menyerupai yang dari senapan serbu M16.

Senapan mesin ringan ini seimbang dan mudah dioperasikan dan bisa ditembakkan seperti pistol, hanya menggunakan satu tangan. Senjata ini memiliki pegangan lipat ke depan dan bahu yang dapat ditarik.

Magazine ditempatkan di dalam pegangan senapan dan menggunakan magazine kapasitas 20 atau 40 putaran.

Senjata pertahanan pribadi ini memiliki rail scope tipe Picatinny standar di atas receiver yang dapat dilepas. Namun MP7 biasanya menggunakan shight dan infra merah. Jarak tembak yang efektif adalah sekitar 150-200 meter. Rel aksesori tambahan dapat dipasang di atas foregrip. MP7 kompatibel dengan sejumlah aksesori, serta peredam suara.

NEXT

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

The post 10 Senapan Mesin Ringan Terbaik di Dunia appeared first on Militer.or.id.

Read More https://www.militer.or.id/15461/10-senapan-mesin-ringan-terbaik-di-dunia-2/

10 Senapan Mesin Ringan Terbaik di Dunia

Berita Terbaru