by

Uji Dinamis Prototipe SLT dan Manpads Indonesia

Berita Militer | ALutsista TNI – Uji Dinamis Prototipe SLT dan Manpads Indonesia, Senjata Lawan Tank (SLT) adalah senjata yang digunakan untuk menetralisir serangan tank. Sedangkan Man Portable Air Defence System atau Manpads adalah jenis roket atau peluru kendali yang dirancang untuk ditembakkan dari darat guna menghancurkan target di udara, seperti dilansir dari situs Kemhan RI.

Kedua senjata tersebut untuk versi kecil atau ringan dapat ditembakkan oleh satu orang menggunakan peluncur yang ditembakkan dari atas bahu sehingga itu disebut senjata panggul.

Balitbang Kemhan bekerjasama dengan PT Pindad (Persero) kini sedang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) untuk pembuatan prototipe SLT dan prototipe Manpads. Kegiatan litbang telah melalui serangkaian uji statis prototipe SLT dan Manpads, maka selanjutnya dilaksanakan uji dinamis pada tanggal 29 November 2017 di Pantai Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan uji dinamis prototipe SLT dan prototipe Manpads ini dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Sekretaris Balitbang Kemhan Laksma Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma Bambang Wijanarko, SE.,ST., M.Si.(Han), Para Kabid Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, Pejabat dan juga Tim PT Pindad serta personel terkait.

Kegiatan diawali penjelasan singkat tentang uji dinamis prototipe SLT serta prototipe Manpads oleh Kepala Program dari PT Pindad. Kemudian pukul 10.00 dilaksanakan uji dinamis sesi pertama peluncuran prototipe Roket SLT sebanyak 8 buah dan semua roket SLT dapat diluncurkan dengan jarak jangkau terjauh adalah +150 meter.

Dari hasil uji dinamis prototipe SLT dan prototipe Manpads itu masih perlu dilakukan litbang selanjutnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan kedua senjata tersebut. Sasaran dari litbang pembuatan prototipe SLT dan Manpads ini adalah dalam rangka mewujudkan kemandirian industri pertahanan dan membangun kemampuan negara di bidang pertahanan dan memenuhi kebutuhan alutsista TNI di masa yang akan datang.

Dilansir dari : jakartagreater.com

Berita Terbaru