DALAM RANGKA PERINGATI HUT KE-76 TNI AU, LANUD SURYADARMA GELAR BAKTI SOSIAL DONOR DARAH

DALAM RANGKA PERINGATI HUT KE-76 TNI AU, LANUD SURYADARMA GELAR BAKTI SOSIAL DONOR DARAH Portal Berita Militer Indonesia

SUBANG – Pen SDM. Dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI Angkatan Udara, Lanud Suryadarma menyelenggarakan donor darah dan vaksinasi yang dilaksanakan di Tribun Lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma. Kalijati Subang. Rabu (30/3/2022).

Kegiatan donor darah tersebut, TNI AU khususnya Lanud Suryadarma bekerja sama dengan Akabri Udara 1992 (Gasadira)  serta  PMI Kabupaten Subang untuk pelaksanaannya melibatkan personel PMI beserta peralatannya dan dibantu oleh anggota kesehatan dari RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma serta tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan guna menghindari wabah Covid-19.

Bacaan Lainnya

Pelaksanakan donor darah ini diikuti sebanyak 159 anggota dari Lanud Suryadarma, Wingdiktek dan Kipan C Kopasgat dan dari ibu-ibu PIA Ardhya Garini Bakorcab Kalijati. Kemudian peserta donor sebelum diambil darahnya di cek terlebih dahulu kesehatannya, apakah memenuhi persyaratan atau tidak, apabila peserta yang memenuhi persyaratan kemudian diambil darahnya.

Menurut Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Tarjoni saat acara donor darah mengatakan bahwa bakti sosial kesehatan donor darah yang sama-sama kita laksanakan ini adalah kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT ke-76 TNI Angkatan Udara.

“Kegiatan donor darah ini adalah merupakan kegiatan sosial yang cukup penting dan perlu untuk terus dilaksanakan. Karena selain memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi terhadap keselamatan jiwa seseorang, juga ada manfaat tersendiri utamanya untuk kepentingan kesehatan diri masing-masing” jelas Komandan.

Dalam kesempatan lain, Komandan Lanud Suryadarma yang mewakili Gasadira juga mengatakan bahwa kita juga harus bisa menjadi pahlawan bagi sesama serta menyadari karena darah yang dikaruniakan Allah SWT untuk menunjang kehidupan manusia belum dapat diproduksi oleh pabrik manapun, karena itu setetes darah akan dapat menyelamatkan jiwa seseorang. “Untuk itu diharapkan kepada pendonor yang dinyatakan sehat oleh medis agar dapat menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan,” Harap Akabri Udara 92.

Disela-sela acara donor, Ka RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma Kapten Kes dr. Indria Sari, Sp.B., MPH., menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dari rumah sakit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma bekerja sama dengan PMI Kabupaten Subang untuk melaksanakan donor darah dalam rangka Hari Bakti TNI AU ke-76.

“Kegiatan donor darah ini kita laksanakan beberapa tahap dan bergilir bagi pendonor untuk menjaga dari kerumunan anggota dan juga diterapkan Physical distancing/jaga jarak sesuai protokol kesehatan untuk mencegah wabah Covid-19” jelasnya.

Kemudian, menurutnya bagi seseorang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah 14 hari bisa mendonorkan darah yang tentunya tetap dilengkapi dengan keterangan sehat dari dokter yang berwenang.

“Pada kegiatan donor darah kali ini para calon pendonor yang terdaftar sebanyak 159 orang namun hingga akhir kegiatan berhasil dikumpulkan sekitar 147 kantong darah dengan berbagai golongan darah untuk di simpan di PMI Subang dan yang lainnya tidak bisa melaksanakan donor karena tidak memenuhi persaratan sebagai pendonor”. pungkas dr. Indria Sari, Sp.B., MPH.

Hadir dalam kegiatan donor darah ini diantaranya Komandan Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Antonius Adi Nur W, S.E., Ketua PIA AG Cabang 5/ D. I Lanud Suryadarma Ny. Ratna Tarjoni, Para Kepala Dinas dari Lanud Suryadarma , Wingdiktek dan para pengurus PIA AG Bakorcab Kalijati. (Penau|prasetyo)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.