Jakarta – Indonesia telah memiliki hubungan  yang baik dengan Malaysia dalam bidang latihan militer. Salah satu peran TNI adalah menjaga perdamaian itu selama mungkin, dengan dilakukan latihan bersama sebagai salah satu langkah diplomasi untuk menjaga perdamaian.
Demikian dikatakan Komandan Koopssus TNI Mayjen TNI Joko P. Putranto selaku Inspektur Upacara pada apel pemberangkatan peserta Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Malindo Darsasa-11AB/2023, di Baseops Halim Perdanakusuma, Jakarta,  Jumat (10/3/2023).
Dihadapan 147 peserta Latgabma Malindo Darsasa,  Mayjen TNI Joko P. Putranto juga mengatakan bahwa  sejak beberapa dekade lalu, TNI dan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) telah melaksanakan latihan dalam bentuk operasi khusus dalam hal ini operasi yang bersifat penanggulangan teroris. Pada latihan bersama Malindo tahun 2023, diharapkan tidak hanya bertukar pengalaman tetapi juga harus bisa menyerap materi-materi penting untuk dikembangkan di satuan masing-masing”,  kata Dankoopssus TNI.
Lebih lanjut disampaikan oleh Mayjen TNI Joko P. Putranto, kepada seluruh peserta untuk selalu menjaga hubungan baik dengan ATM, jangan ada kendala terkait bahasa, meskipun bahasanya mirip, namun terkadang susah untuk mengetahui secara keseluruhan arti kata bahasanya. “Secara umum kita tidak mempunyai masalah di dalam bahasa sehingga penyerapan materi bisa lebih maksimal, kita sudah melewati proses perencanaan staf sehingga kita sekarang melaksanakan latihan di lapangan secara maksimal”, tutup Mayjen TNI Joko Putranto.
(Puspen TNI|red)
Bagikan
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *