Surabaya – Pembinaan teritorial terus digulirkan oleh Koramil 0831/05 Rungkut dalam upaya menjaga wilayah teritorial agar tetap kondusif.

Salah satu upaya pembinaan teritorial kali ini dilakukan oleh Sertu Sudomo dengan melakukan sambang wilayah diperumahan bumi galaksi tepatnya di jalan wonorejo utara kelurahan Wonorejo Rungkut, jumat (16/10/2020) malam.

Diungkapkan Oleh Danramil Rungkut Mayor Chb Suprianto bahwa pembinaan teritorial itu merupakan pekerjaan rutin setiap hari yang harus dilakukan oleh masing masing babinsa.

“Tugas-tugas babinsa meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya’,terangnya.

Masih Danramil, Hal ini meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya. Contoh aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD atau gabungan.

“Babinsa juga memberikan informasi awal terkini tentang kondisi dan situasi wilayah bagi pasukan tempur yang bertugas di wilayahnya. Semuanya harus dia laporkan pada komandannya pada kesempatan pertama”,tandas Danramil. (Pendim0831|red)

Bagikan:

Berita Militer

Portal Berita Militer Indonesia Menyajikan berita aktual dan informasi seputar militer dan pertahanan hari ini. khususnya pada teknologi perangkat militer dan Kegiatan TNI Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *