Dansatdik 3 Sorong Kodiklatal Paparkan Pelaksanaan Pendidikan Program Khusus Papua

  • Whatsapp

Surabaya, militer.org -Komandan Satuan Pendidikan (Dansatdik) 3 Sorong Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksma TNI Hendri S. Suprianto memaparkan hasil pelaksanaan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Program Khusus Putra Papua kepada Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat. Adapun paparan ini dilaksanakan di Ruang Joglo Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (21/1/2021).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam paparan tersebut Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han), Dirdiklat Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si, Dirjianbang Laksma TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos, Inspektur Kodiklatal Kolonel Laut (S) Bambang Supriyanto dan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal Kolonel Laut (S) Gatot Sugiarto, S.E.

Mengawali paparan Dansatdik 3 Sorong Laksma TNI Hendri S. Suprianto yang juga merangkap jabatan sebagai Inspektur Koarmada III Sorong ini menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan dari dinas kepada dirinya untuk memimpin pelaksanaan pendidikan Dikmaba dan Dikmata program khusus putra Papua tahun 2020 angkatan pertama.

Menurutnya selama pendidikan yang diawali dengan pembukaan pendidikan oleh Dankodiklatal, pendidikan dasar keprajuritan, pendidikan dasar golongan dan pendidikan dasar golongan lanjutan telah berjalan lancar dan aman. Adapun pelaksanaan pendidikan secara rinci disampaikan oleh Letkol Marinir Budi sekaligus Perwira pelaksana lapangan dalam pendidikan .

Dalam paparanya Letkol Marinir Budi menyampaikan bahwa pelaksanaan pendidikan Dikmaba dan Dikmata program khusus putra Papua dengan Dasar Perintah Lisan Kasal tanggal 5 Juni 2020 tentang rencana penerimaan Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL program khusus wilayah Papua Ta.2020 dan Surat Perintah Dankodiklatal No Sprin / 779/ VI /2020 tanggal 08 Juni 2020 tentang Survey persiapan fasdik pertama bintara dan tamtama PK TNI AL program khusus wilayah Papua Ta.2020

Adapun pendidikan berjalan enam bulan terdiri tiga tahap, tahap pertama pendidikan dasar keprajuritan selama tiga bulan yang dibuka awal bulan Agustus 2020 lalu dengan melaksanakan 720 jam pelajaran. Tahap ke dua Dasar Golongan selama satu bulan dengan 240 jam pelajaran dan tahap ke tiga yaitu dasar golongan lanjutan selama dua bulan dengan 400 Jam pelajaran.

Sehubungan masih organisasi baru, selama pelaksanaan pendidikan para Siswa Dikmaba dan Dikmata ini menggunakan beberapa fassilitas yang dimiliki Koarmada III diantaranya Flat Pama dan Flat Bintara Koarmada III untuk kantor dan Asrama siswa, shelter Tank Kavaleri Menkav Pasmar 3 untuk sarana belajar dan fasilitas dapur Brigif 3 Pasmar 3 untuk memasak siswa. Selain itu untuk pelaksanaan pendidikan dasar golongan lanjutan para siswa melaksanakan lattek dengan menggunakan KRI Teluk Lada-521.

Sementara itu Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat mengucapkan terimaksih sekaligus mengapresiasi kepada para personil Kodiklatal yang tergabung dalam Satgas pendidikan di Satdik 3 Sorong. Menurutnya pelaksanaan pendidikan tersebut membawa perubahan yang besar bukan hanya di intern TNI AL tetapi secara nasional. “ Pelaksanaan pendidikan sesuai prioritas Kasal yaitu membangun Sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.” Jelas Dankodiklatal.(kdkltl/wan/md)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *