Gubernur AAL dan Ibu Asuh Taruna Tinjau Tes Kesegaran Jasmani Taruna Tingkat lV

  • Whatsapp

Surabaya – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) dan Ibu Asuh Taruna AAL Ny. dr. Nita Tunggul Suropati meninjau pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Taruna AAL Tingkat lV yang digelar di Stadion Jala Krida Mandala, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin(14/12).

Tepat pukul 06.00 WIB, Taruna Tingkat lV ini sudah siap di garis start lintasan Stadion Mandala, setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek suhu tubuh, tensi darah dan lainnya. Ketika pluit ditiup petugas lintasan, seketika mereka melesat mengelilingi lintasan stadion selama 12 menit waktu yang disiapkan untuk baterai A (lari) ini.

Bacaan Lainnya

Selain Gubernur AAL dan Ibu Asuh Taruna, tampak hadir Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Dirdik, Dirrenbang, Dirpers, Dirlog, Danmen AAL, Kaopsjar, Kadeppel, Kadeplek, Kadeplai dan Kadepjas.

Menurut Gubernur AAL, materi garjas ini menjadi parameter sejauh mana pembinaan fisik yang telah dilakukan taruna selama satu semester ini. Ia berharap para taruna dapat melakukannya dengan semangat dan memperhatikan aspek keselamatan.

Menurutnya, materi garjas menjadi aspek yang menentukan bagi Taruna. Materi ini juga akan selalu menempel dalam setiap perjalanan dinas seorang prajurit, mulai dari proses rekrutmen prajurit, persyaratan bagi kenaikan pangkat, persyaratan mengikuti pendidikan dan garjas reguler yang dilaksanakan satu tahun dua kali.

Oleh karena itu, materi Garjas ini perlu dilakukan pembinaan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan pembinaan yang terukur, sehingga menghasilkan out put yang baik, yakni prajurit yang sehat dan memiliki tingkat kesiapan yang tinggi.

“Taruna yang memiliki tingkat garjas yang baik, juga mencerminkan kesehatan tubuhnya, kedisiplinan dalam mengatur pola hidup untuk tetap sehat yang pada akhirnya berdampak pada semangat dan kejuangan dalam menjalankan tugas pendidikan di AAL,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tes Garjas ini, setiap taruna harus melaksanakan tahapan tes antara lain lari selama 12 menit minimal menempuh jarak 2,4 km, pull up, sit up, push up, shuttle run dan renang secara berlanjut dari materi satu ke materi lainnya. (Kabagpen AAL|Rohman|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *