by

Helikopter Baru, Bukti Majunya Industri Pertahanan Domestik Indonesia

Helikopter Baru, Bukti Majunya Industri Pertahanan Domestik Indonesia, Kementerian Pertahanan Indonesia menandatangani kontrak dengan sebuah perusahaan pertahanan domestik untuk sebuah helikopter baru. Kontrak pembelian helikopter baru telah menyoroti upaya berkelanjutan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kemampuan militer Indonesia. Hal ini juga menunjukkan fokus pada peran industri pertahanan domestik dalam memenuhi kebutuhan pertahanan.

Oleh: Prashanth Parameswaran (The Diplomat)

Awal bulan April 2019, Kementerian Pertahanan Indonesia menandatangani kontrak dengan sebuah perusahaan pertahanan domestik untuk sebuah helikopter baru. Meski kontrak itu hanya satu di antara beberapa kontrak yang telah ditandatangani antara kedua belah pihak, kontrak itu tetap menekankan upaya pemerintah Indonesia secara terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan pertahanan serta memperkuat peran industri pertahanan domestik dalam menangani kebutuhan pertahanan.

Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk terus meningkatkan kemampuan sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk memperkuat militernya. Hal ini meliputi peran untuk industri pertahanan dalam negeri, yang terus diperkuat di bawah kepemimpinan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, meskipun masih ada banyak tantangan signifikan.

Helikopter Baru, Bukti Majunya Industri Pertahanan Domestik Indonesia

Tanggal 12 April 2019, aspek modernisasi pertahanan Indonesia yang sedang berlangsung ini kembali menjadi berita utama dengan kabar bahwa Kementerian Pertahanan telah mewujudkan dengan upaya berkelanjutan untuk mendapatkan helikopter lainnya. Kementerian Pertahanan telah menandatangani kontrak dengan perusahaan dirgantara milik negara, PT Dirgantara Indonesia (PT DI), untuk mendapatkan sebuah helikopter Super Puma NAS-332 C1+ dalam sebuah upacara yang disaksikan oleh Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu.

ADVERTISEMENT
Kontrak senilai Rp 237 triliun tersebut ditandatangani tanggal 12 April 2019 di Bandung. Kontrak itu disepakati di tengah serangkaian kontrak pengadaan lain yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kontrak tersebut tidak hanya mencakup helikopter itu sendiri, tetapi juga paket pelatihan untuk pilot, publikasi teknis, dan peralatan pemeliharaan. Antara lain, PT DI akan memasok rangka pesawat (airframe) dengan sistem manajemen penerbangan, perangkat lunak perencanaan penerbangan, sensor optik yang tidak dispesifikasikan, dan SAR Direction yang dapat menemukan transmisi lokasi darurat (emergency locator transmissions/ELT) dari pesawat atau kapal yang berada dalam keadaan darurat.

Para pejabat telah menggambarkan langkah penambahan helikopter untuk membanggakan kemampuan militer Indonesia serta mempertegas pentingnya industri pertahanan dalam menyediakan sistem pertahanan negara. Berdasarkan data sebelumnya, sebagai helikopter transportasi berat multiguna, helikopter Super Puma dapat digunakan untuk berbagai keperluan meliputi transportasi militer, kargo, transportasi pasukan, evakuasi medis, dan transportasi VIP.

Helikopter Super Puma memiliki kemampuan untuk terbang selama empat jam dengan kecepatan maksimum lebih dari 300 kilometer per jam dan kemampuan untuk mengangkut 18 pasukan dan 3 awak pesawat.

Sehubungan dengan pentingnya industri pertahanan dalam menyediakan sistem pertahanan negara, direktur PT DI Elfien Goentoro mengatakan bahwa kontrak yang dibuat antara PT DI dan Kementerian Pertahanan memperkuat fakta bahwa PT DI berkomitmen untuk memenuhi persyaratan utama pertahanan negara agar kemampuan industri pertahanan Indonesia kian berkembang seiring waktu. PT DI sejauh ini telah menghasilkan beberapa bentuk peralatan untuk kebutuhan pertahanan Indonesia, termasuk pesawat terbang, helikopter, dan bentuk teknologi kedirgantaraan lainnya.

Loading...

Penulis : militer

Gravatar Image
Berita militer Indonesia dan dunia - Portal Berita Militer, mengangkat pemberitaan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik indonesia, Serta perkembangan militer dan sinergritas TNI POLRI, Alutsista kekuatan militer TNI POLRI dan internasional, Terbaru dan Terupdate