Kapal Selam Singapura Tercanggih di ASEAN Mulai Diuji Coba Berlayar

  • Whatsapp

Singapura akan segera memiliki kapal selam paling canggih di Asia Tenggara. Yaitu Kapal selam diesel listrik tipe 218SG kelas Invincible.

Dilansir Jane’s yang dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Singapura. Kapal selam ini tengah menjalani uji coba di laut dangkal yang dilakukan di lepas pantai Jerman sejak Agustus lalu. Uji coba pada laut dalam akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Sementara para awak kapal selam Singapura juga telah memulai pelatihan mereka di Jerman.

Kapal selam dengan panjang 70 meter tersebut dirancang khusus berdasarkan kapal selam Type 218 buatan TKMS, serta dengan pengalaman teknologi kapal selam Type 214, Type 216, dan Dolphin 2.

Invincible adalah kapal selam pertama dari empat kapal selam yang dirancang khusus untuk beroperasi di perairan dangkal wilayah tropis seperti Singapura. Keempat kapal itu dinamakan Invincible, Impeccable, Illustrious dan Inimitable yang diharapkan dapat memberikan keunggulan strategis Angkatan laut Singapura.

Kapal selam tersebut diharapkan akan dikirim mulai 2021 dan akan menggantikan kapal selam kelas Archer dan Challenger bekas Angkatan Laut Swedia saat ini, yang telah dioperasikan RSN selama lebih dari dua dekade.

Dengan kemampuan menyelam di perairan dangkal, kapal selam kelas Invincible dapat menjalankan operasi penyusupan pasukan khusus yang menjadi salah satu fitur utama Type 218SG, khusunya dengan adanya Horizontal Multi-Purpose Lock (HMPL) yang terletak di haluan, di samping tabung torpedo.

Informasi Kapal Selam Singapura Tercanggih di ASEAN Mulai Diuji Coba Berlayar Sudah Tayang ›› Disini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *