KASAL INGATKAN KOWAL PEMANGKU KODRAT WANITA HARUS BERKARIER SECARA PROFESIONAL

  • Whatsapp

Jakarta – Korps Wanita Angkatan Laut sebagai pemangku kodrat wanita juga harus mampu berkarier secara serasi, selaras dan seimbang serta profesional tanpa meninggalkan kodrat kewanitaannya, demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat memimpin jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) di Plaza Gedung R.E. Martadinata, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (5/1).

Bacaan Lainnya

Upacara yang dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti protokol Covid-19 ini diikuti 32 personel yang merupakan perwakilan Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pertama), dan Bintara Kowal Mabesal. Upacara peringatan yang mengusung tema “Berprestasi Untuk Negeri, Berkarya Bagi Bangsa” dengan Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (K/W) Ida Ayu Nyoman Putranti, A.Md., S.E., serta pengucap Sapta Marga Letda Laut (S/W) Dwi Nita Lestari, S.Tr. (Han).

Kasal Laksamana Yudo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, peringatan HUT Korps Wanita Angkatan Laut yang dilaksanakan secara sederhana dan virtual, merupakan ungkapan rasa syukur atas usianya yang ke-58 tahun dan berharap Kowal supaya mampu memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

“Telah lima puluh delapan tahun, Kowal tetap konsisten dengan komitmen bahwa tugas adalah yang utama, yaitu tugas yang selalu dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL”, pungkas Kasal.

Menurut Kasal, dengan tuntutan tugas yang diemban setiap prajurit Kowal ke depan yang penuh tantangan, untuk itu harus selalu meningkatan keimanan dan ketaqwaan, semangat dan kinerja, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan dan jiwa kejuangan sebagai prajurit di era Industri 4.0 seperti saat ini.

Dalam kesempatan tersebut Kasal menganugerahkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Satyalencana Kesetiaan 8, 16 dan 24 tahun kepada tiga prajurit Kowal yaitu, Sertu (BEK/W) Novita Anggun Pratiwi, Mayor Laut (K/W) Sunarti, A.Md., S.K.M., dan Kapten Laut (K/W) Lim Betti Kusumahwati berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 105/TK/Tahun 2020.
Sementara itu, usai pelaksanaan upacara pada acara ramah tamah Ny. Vero Yudo Margono selaku Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena atau Ibu Pelindung dan Pembimbing Kowal menyampaikan bahwa, Kowal itu militer tetapi wanita, oleh sebab itu Kowal hendaknya mampu menempatkan diri kapan harus bersikap sebagai prajurit dan kapan harus bersikap sebagai wanita atau Ibu di rumah.

“Sebagai seorang prajurit wanita, Kowal harus tangguh, trengginas, berwawasan luas dan tidak mudah menyerah, karena menjadi seorang prajurit adalah pilihan para Kowal sehingga harus dipertanggungjawabkan dengan penuh kedewasaan dan kesadaran”, jelasnya.

Menutup peringatan HUT Kowal ke-58 dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Kasal didampingi Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena kemudian diserahkan kepada Perwira Koordinator (Pakor) Kowal Wilayah Jakarta Kolonel Laut (S/W) Suyartini, S.E., M.M.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., didampingi Wakil Ketua Jalasenastri Ny. Wiek Ahmadi Heri Purwono, Asintel Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M., Asrena Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Kadiswatpersal dan Kadisjarahal, serta Ibu-ibu Jalasenastri, Pabandya Bin Kowal Spersal Letkol Laut (KH/W) Rinanda Sintasari, S.Sos, dan Ketua Panitia HUT Kowal Letkol Laut (KH/W) Martha Latu Retno, S.H., M.H.

(Ivan|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *