Kasatkes Kodiklatal Buka Latihan Fungsi Kesehatan Tahun 2020

  • Whatsapp

militer.org-Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, S.P., OT., M.Tr Hanla membuka Latihan Fungsi Kesehatan (Latfungkes) Satkes Kodiklatal Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Rumkital dr. Sasongko Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Senin ( 26/10).

Latfungkes tersebut diikuti sedikitnya 60 Prajurit yang terdiri personil Satkes Kodiklatal dan Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Kodikdukum Kodiklatal.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutnya Kasatkes Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, S.P., OT., M.Tr Hanla menyampikan bahwa Latfungkes Ta 2020 yang dilaksanakan ini bertujuan untuk merefresh kembali pengetahuan personel Satkes Kodiklatal. Selain itu juga untuk melatih ketrampilan para personel Satkes Kodiklatal dalam melaksanakan tugas sehari-hari, terutama saat melaksanakan dukungan kesehatan (dukes) di lapangan. Sedangkan bagi siswa Dikmata Pusdikkes Latihan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kegawat daruratan sekaligus mengaplikasikan teori yang didapat dikelas.

Adapun materi yang dilatihkan dalam Latfungkes tersebut antara lain penanganan kegawatdaruratan jantung, Bantuan Hidup dasar (Basic Life Suport) dan pelatihan pemeriksaan Elektrokardiografi (EKG). Lebih lanjut Kasatkes menyampaikan bahwa tujuan penanganan kegawatdaruratan jantung adalah untuk mencegah kematian dan cacat pada pasien gawat darurat hingga dapat hidup dan berfunfsi kembali dalam masfyarakat, selain itu merujuk pasiean gawat darurat melalui sistim rujukan untuk memperoleh penaganann yang lebih memadai.

Sedangkan Bantuan Hidup dasar (Basic Life Suport) bertujuan untuk mencegah berhentinya sirkulasi pernafasan selain itu memberikan bantuan eksternal dan ventilisasi pada pasien yang mengalami henti jantung atau henti nafas melalui resusitasi jantung paru. Pemeriksaan Elektrokardiografi (EKG) adalah tindakan untuk merekamn aktivitas listrik jantung dari Nodus Sinoatrial yang dikonduiksi dalam jantung yang mengakibatkan jantung berkontraksi sehingga direkam melalui elektrida yang diletakkan di kulit.(pen/red)

85 posts

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *