Sejumlah foto muncul di  media sosial Telegram pada  Minggu 7 Agustus 2022 memunculkan diskusi yang cukup intens.

Hal ini karena foto-foto tersebut  menunjukkan apa yang tampaknya  sebagai puing-puing Rudal Anti-Radiasi Berkecepatan Tinggi AGM-88, atau HARM .

Ini adalah  rudal Amerika yang digunakan untuk mendeteksi radar pertahanan udara aktif dan   menghancurkan mereka.

Foto ini menjadi menarik karena   muncul dari  medan perang di Ukraina. Sejauh ini tidak ada  ada informasi resmi yang menunjukkan bahwa AGM-88 telah dipasok ke Ukraina.

Lantas bagaimana rudal ini bisa sampai ke medan perang dan digunakan Ukraina?

Pemeriksaan  gambar menunkukkan  pengkodean  dan komponen umum terlihat akurat. Tetapi kemungkinan foto itu tidak diambil di ukraina juga bisa saja.

Mengingat rudal ini sudah banyak digunakan di berbagai pertempuran. Terbuka kemungkinan foto itu diambil dari kejadian lain dan diklaim itu terjadi di Ukraina.

Terlebih Rusia akhir-akhir ini semakin agresif dalam retorikanya tentang Amerika dan NATO yang dianggap sebagai pemain aktif dalam perang. Menunjukkan foto semacam ini akan mendukung klaim mereka.

Tetapi foto itu telah memunculkan banyak spekulasi.

Simak selengkapnya dalam tayangan berikut:

Informasi Kenapa Ada Puing Rudal AGM-88 di Perang Ukraina? Sebelumnya sudah tayang di https://www.jejaktapak.com/2022/08/08/kenapa-ada-puing-rudal-agm-88-di-perang-ukraina/

Bagikan:

Berita Militer

Portal Berita Militer Indonesia Menyajikan berita aktual dan informasi seputar militer dan pertahanan hari ini. khususnya pada teknologi perangkat militer dan Kegiatan TNI Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *