Kodiklatal Cetak 249 Prajurit TNI AL Strata Bintara dan Tamtama

Kodiklatal Cetak 249 Prajurit TNI AL Strata Bintara dan Tamtama Portal Berita Militer Indonesia

Kodiklatal Cetak 249 Prajurit TNI AL Strata Bintara dan Tamtama

Kodiklatal. Surabaya,(05/08).

Bacaan Lainnya

Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mewakili Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono melantik dan mengambil Sumpah 249 siswa Satuan Pendidikan (Satdik) I Kodiklatal bertempat di Lapangan Hangtuah, Fasharkan, Mentigi, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Kamis (04/08/2022).

Prajurit TNI AL yang dilantik tersebut merupakan siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLII TA. 2022. Mereka adalah putra putri terbaik dari wilayah Sumatra dan Kalimantan bagian barat, diantaranya dari Lokseumawe, Tanjung Balai Asahan, Nias,Tanjung Pinang, Padang, Belawan dan Pontianak. Para prajurit muda ini terdiri dari 99 Siswa Dikmaba meliputi 89 siswa pria dan 10 siswa wanita serta 150 siswa Dikmata.

Sebelumnya, para prajurit TNI AL baru ini telah ditempa kurang lebih selama empat bulan menjalani pendidikan dasar keprajuritan, dan dasar golongan di Satdik-1 Kodiklatal yang bermarkas di Tanjung Uban, Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wadan Kodiklatal, Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan para siswa menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua. “Selamat dan sukses atas pelantikan saudara menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua. Semoga pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan mampu meningkatkan jiwa keprajuritan saudara sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas,” ujar Wadan Kodiklatal mengutip amanat Dankodiklatal.

Lebih lanjut menurut Dankodiklatal bahwa para siswa telah mengucapkan Sumpah Prajurit, yang berarti bahwa para siswa telah berjanji kepada Tuhan YME untuk menjalankan segala kewajiban sebagai seorang prajurit TNI AL dengan penuh rasa tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan.

Pada kesempatan ini, Perwira Tinggi Marinir bintang tiga ini mengimbau agar seluruh siswa tidak larut dalam kebanggaan sebagai prajurit TNI AL, sebab masih ada tugas pendidikan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan sebaliknya seluruh siswa harus menjaga pola sikap dan pola tindak mereka agar tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan turunnya sanksi karena faktor moral, kepribadian maupun kesamaptaan jasmani yang kurang.

Selain itu sebagai Bintara dan Tamtama Remaja TNI AL, diharapkan mereka dapat terus mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilan agar siap menyongsong tugas di satuan ataupun daerah operasi.

“Tetaplah disiplin dan selalu mentaati peraturan yang berlaku, agar kalian nanti benar-benar menjadi prajurit TNI AL yang tangguh, bisa dibanggakan oleh masyarakat, bangsa dan negara serta siap melaksanakan penugasan di satuan ataupun di daerah operasi,” Ucap Wadan Kodiklatal mengutip amanat Dankodiklatal

Upacara pelantikan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi demo para siswa lulusan Satdik-1 Kodiklatal, yakni Bongkar Pasang senjata dengan mata tertutup, Kolone Senjata, Bela Diri Militer, Senam Balok, serta Pertempuran Jarak Dekat(dar ).

Sumber : Dinas Penerangan Kodiklatal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.