Kodiklatal Siap Didik Program Dikspespa TNI AL TA 2021

  • Whatsapp

Paradigmaendonesia – Surabaya 31/03/21,Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) siap mendidik prajurit Perwira dalam program Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) TNI Angatan Laut TA 2021. Kesiapan ini dimulai setelah para Calon Siswa (Casis) dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut melaksanakan tes Kesehatan di Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (31/3/2021)

Bacaan Lainnya

Seleksi Kesehatan ini diikuti 313 Prajurit Perwira Pertama terdiri Korps Pelaut, Teknik, Elektronika, Suplay, Marinir, Khusus, Kesehatan dan Pomal. Peserta seleksi ini akan memperebutkan seat dalam program Dikspespa Navdir, Komunikasi, Artileri, Senjata bawah air, Hidrooceanografi, Dikspespa Teknik, Senjata Elektronika, Suplay. Selain itu Dikspespa Hukum, Pomal, Personil Kesehatan dan Pendidikan. Untuk korps Marinir akan memperebutkan seat Pendidikan Dasar Kecabangan (Diksarcab).

Menurut Kepala Satuan Kesehatan Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, S.P., OT., M.Tr Hanla bahwa seleksi kesehatan tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu kedepan yang terbagi dalam beberapa gelombang. Adapun pemeriksaan di Satkes Kodiklatal ini meliputi pemeriksaan luar berupa pemeriksaan fisik dan pemeriksaan dalam.

Pemeriksaan luar atau fisik meliputi tinggi dan berat badan, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan mata, kulit dan telinga. Sedangkan pemeriksaan bagian dalam meliputi Rongsen, jantung, paru-paru berikut organ lainnya, pemeriksaan darah dan pemeriksaan urine.

“Sebelum menjalani Pemeriksaan di Satkes Kodiklatal para Casis telah membawa surat Status Kesehatan (Stakes) dari Kotama asal yang berisi Kondisi Stakes Casis terakhir. Dalam seleksi ini surat Stakes dari Kotama sebagai pembanding sebelum diputuskanya laik tidaknya mengikuti pendidikan,” terangnya.

Selain tes Kesehatan para casis tersebut juga melaksanakan tes Kesamaptaan Jasmani, akademik umum, mental idiologi dan bahasa Inggris di Sekolah Bahasa Pusdikbanmin Kodikdukum, Sedangkan materi tes psikologi digelar di Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial), Juanda.(pen/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *