Komandan Kodiklatal dan Pejabat Utama Ikuti Upacara HUT TNI ke-75 Tahun 2020 Secara Virtual

  • Whatsapp

Surabaya-Paradigmaindonesia. Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat, Wadan Kodiklatal dan para Direktur Kodiklatal mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 75 secara Virtual. Upacara peringatan HUT TNI ke-75 Tahun 2020 ini dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dari istana Presiden Jakarta, Senin, (5/10).

Setelah presiden tiba ditempat upacara acara diawali dengan salam kebangsaan, penghormatan kebesaran, mengheningkan cipta, pengucapan sapta marga, tanda kebesaran buka, pembacaan keputusan Presiden RI, tanda kebesaran tutup, amanat Inspektur upacara dan diakhiri dengan andika bayangkari.

Bacaan Lainnya

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan atas nama rakyat, bangsa, dan negara, dirinya menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun tentara nasional Indonesia yang ke-75 tahun 2020, peringatan ini tidak hanya dirayakan oleh anggota TNI atau keluarganya saja, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia.

Menurutnya perjalanan panjang TNI hingga Kemerdekaan Indonesia membuktikan, TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara.

Dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI terhadap bangsa dan negara bukan hanya melalui operasi militer untuk perang tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang yang membantu bangsa dalam menghadapi bencana, termasuk pandemic covid sekarang ini.

Atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan penghargaan setinggi tingginya pada keluarga besar dan institusi TNI dan para prajurit yang sedang ada dimanapun juga, kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi untuk kemajuan bangsa dan negara dalam dunia yang selalu berubah.

Sebagai panglima tertinggi TNI, saya menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI. Sesuai yang sering katakan di berbagai kesempatan, dunia bergerak sangat cepat, dunia bergerak sangat dinamis, transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis dan sesuai dengan perkembangan teknologi militer.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya pada prajurit TNI yang telah berada di garda paling depan dalam sisi kemanusiaan. Terima kasih kepada TNI yang terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam dan kebakaran hutan dan terima kasih atas peran TNI dalam penanganan covid baik dalam mendisiplinkan protokol kesehatan maupun perawatan di rumah sakit.

Setelah selesai pelaksanaan upacara, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi Wakil Presiden K.H Makruf Amin, Panglima TNI, Kapolri dan para Kepala Staf Angkan melaksnakan Vidio Conference di enam titik kepada para prajurit yang sedang melaksanakan tugas.

Keenam titik tersebut adalah Rumah Sakit TNI Angkatan Laut di Pulau Galang, Prajurit yang sedang melaksanakan tugas PBB di Kongo Afrika, Prajurit yang melaksanakan Pengamanan Perbatasan Papua Nugini, ABK KRI John Lie yang sedang melaksanakan operasi dan Prajurit yang melaksanakan pengamanan di Pulau terluar yaitu Pulau Saumlaki dan Pulau Sekatung(pen/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *