KOSTRAD PASANG LAMPU SOLAR CELL 50 TITIK DI SUKABUMI

Sukabumi – Menindaklanjuti petunjuk Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc., Sub Detasemen Daerah Latihan (Subdenrahlat) Kostrad Cibenda melakukan pemasangan Lampu Solar Cell di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (5/11/2022).

Dansubdenrahlat Cibenda, Kapten Inf Ahmad Zaenuddin menjelaskan bahwa pemasangan lampu solar cell sebanyak 50 titik tersebar di beberapa desa, antara lain di Cibenda, Desa Caringin Nunggal, Desa Ciblengbeng, Desa Nyalindung, Desa Cimapag dan Desa Tegaljoho dengan sasaran utama akses jalan yang terhubung ke pemukiman warga, pertigaan jalan, Posyandu maupun tempat ibadah.

“Untuk pemasangan lampu solar cell ini diprioritaskan untuk sarana umum, seperti akses jalan yang belum mendapat penerangan dan rawan saat dilintasi masyarakat,” Jelas Zaenuddin.

Untuk memasang lampu-lampu tersebut, Subdenrahlat Cibenda telah berkoordinasi untuk memanfaatkan tiang listrik milik PLN yang berada di bahu jalan. Sedangkan untuk lokasi yang tidak ada tiang-tiang PLN, pihaknya mendirikan sendiri tiang lampu tersebut.

Menurut Zaenuddin, pemilihan lampu solar cell karena memliliki banyak keuntungan, antara lain tidak perlu menggunakan kabel dan sambungan listrik, hemat energi karena daya listrik bersumber dari cahaya matahari.

“Tidak ribet dan tidak mengandalkan tenaga manusia untuk operasionalnya, siang hari menyerap cahaya matahari sebagi sumber tenaga listrik dan saat malam hari secara otomatis lampu menyala bertahan sampai esok harinya,” Imbuhnya.

Sementara itu menurut Bapak. Maman, warga Desa Caringin Nunggal menuturkan, sebelum ada pemasangan lampu solar cell, jalan menuju tempat tinggalnya gelap gulita ditambah kondisi jalan rusak, sehingga warga takut saat melintas. Oleh karena itu, dirinya sangat bersyukur dengan adanya pemasangan lampu tersebut.

“Alhamdulillah sudah diberikan penerangan lampu solar cell oleh bapak-bapak dari Kostrad, bisa bantu masyarakat,” kata Maman. (Penkostrad|Budi)

Bagikan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul KOSTRAD PASANG LAMPU SOLAR CELL 50 TITIK DI SUKABUMI yang dipublish pada November 6, 2022 di website Portal Berita Militer Indonesia

Artikel Terkait

Leave a Comment