KRI SIM-367 Tiba di Lebanon TNI AL Koarmada II, Surabaya

  • Whatsapp

Paradigmaendonesia – KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris beserta Satgas Maritim TNI Konga XXVIII/M UNIFIL tiba di Pelabuhan Port of Beirut, Lebanon.Sabtu (03/04).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, KRI SIM-367 telah melewati rute-rute dan singgah dibeberapa Negara, seperti Colombo, Salalah dan Jeddah. Ganasnya ombak gelombang laut mediterania telah berhasil dilewati oleh KRI SIM-367, Kapal ini juga telah berhasil melewati panjangnya Terusan Suez hingga sampai dengan selamat dan aman  sampai di Beirut. Di pelabuhan ini KRI SIM-367 beserta prajurit akan menjalankan misi tugasnya sebagai kapal TNI AL yang mengemban misi Maritime Task Force (MTF) UNIFIL.

Sebelum sandar di Beirut, KRI SIM-367 juga telah melaksanakan Mailbag Transfer Exercise dengan KRI Sultan Hasanuddin (KRI SHN-366) yang mana kegiatan ini merupakan salah satu tradisi simbolis bagi unsur-unsur yang akan melaksanakan serah terima penugasan di lebanon dengan tujuan memberikan dukungan logistik di laut tanpa harus kembali ke pangkalan.

Setibanya di pelabuhan Port of Beirut, KRI SIM-367 disambut hangat oleh Dubes LBPP RI Beirut Hajriyanto Y. Thohari, Atase Pertahanan RI di Cairo Kolonel Armed Alvin, kemudian DMTFC-COS Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, Komandan Kontingen Garuda TNI 2021 Kolonel Infanteri Amril Haris Isya Siregar, DCO Seceast Kolonel Arhanud Budi Laksana, serta CARB UNIFIL Efendi Syukur.

Komandan Satgas Letkol Laut (P) Abdul Haris dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih atas sambutan yang telah diberikan dan menyampaikan KRI SIM-367 siap menjalankan tugas sebagai Satgas perdamaian di Lebanon.

Sementara itu Dubes RI Beirut Hajriyanto Y. Thohari menyampaikan ucapan selamat datang di Lebanon kepada KRI SIM-367. Indonesia bangga dengan adanya Satgas MTF UNIFIL yang merupakan Duta Bangsa dalam menjalankan amanah konstitusi RI yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia.

” Selamat bertugas dalam mengemban tugas negara dan tugas sebagai Satgas MTF yang merupakan bagian dari Kontingen Garuda TNI di UNIFIL, ” ungkap Hajriyanto.

Hajriyanto juga turut mendoakan agar misi para prajurit KRI SIM 367 berjalan aman dan lancar setahun mendatang dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih ada.

(Pen/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *