by

KSAD Jenderal Andika Perkasa Pimpin Sertijab Irjenad-Pangdam Pattimura

KSAD Jenderal Andika Perkasa Pimpin Sertijab Irjenad-Pangdam Pattimura | Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) dan Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura (Pangdam XVI/Ptm). Tidak hanya itu, sertijab juga dilakukan terhadap lima jabatan perwira tinggi (Pati) TNI AD lainnya.

KSAD Jenderal Andika Perkasa Pimpin Sertijab Irjenad-Pangdam Pattimura

Irjenad yang baru adalah Mayjen TNI Suko Pranoto. Dia menggantikan Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto. Mayjen TNI Suko Pranoto sebelumnya menjabat Pangdam XVI/Pattimura. Jabatan yang ditinggalkan Suko diisi Mayjen TNI Marga Taufiq.

“Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto sendiri menjadi Asisten Perencanaan (Asrena) Kasad yang sebelumnya kosong,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Dia menjelaskan, sertijab dilakukan di Aula Jenderal Besar A.H Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD) Jakarta.

“Selain itu, KSAD menyerahterimakan empat jabatan Kabalakpus (Badan Pelaksana Pusat) TNI AD meliputi Direktur Ajudan Jenderal Angkatan Darat (Dirajenad), Direktur Peralatan Angkatan Darat (Dirpalad), Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat (Kadisjarahad) dan Kepala Dinas Kelaikan Angkatan Darat (Kadislaikad),” ujar Candra.

Empat pejabat Kabalakpus yang baru adalah Kolonel Caj F.F. Fransis Wewengkang sebagai Dirajenad, Kolonel Cpl Subagyo, ( Dirpalad), Kolonel Inf Eddy Syahputra Siahaan (Kadisjarahad), Brigjen TNI P. Gunung Sarasmoro (Kadislaikad).

Sertijab TNI AD

Sedangkan pejabat sebelumnya yaitu Brigjen TNI Erry Herman (Dirajenad), Brigjen TNI Sigid Witjaksono (Dirpalad), Brigjen TNI Djashar Djamil (Kadisjarahad) dan Brigjen TNI Eko Erwanto (Kadislaikad) menduduki jabatan sebagai Staf Khusus KSAD.

“Sebagaimana umumnya, serah terima jabatan ini ditandai dengan penyerahan lambang satuan kepada Kasad dari pejabat lama dan selanjutnya oleh Kasad diserahkan kepada pajabat baru. Kemudian setelah penanggalan dan penyematan tanda jabatan, pemasangan pangkat dan penandatanganan naskah sertijab serta laporan resmi dari masing-masing pejabat kepada Kasad,” kata Candra.

“Dalam rangkaian tersebut juga, dilakukan penyerahan tongkat komando Pangdam XVI/Ptm oleh Kasad,” kata dia lagi.

Candra menjelaskan, rotasi dan mutasi pejabat utama di lingkungan TNI AD merupakan hal yang lazim dan alamiah. Bahkan harus dilakukan.

“Sertijab ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi militer, baik bagi kepentingan pembinaan satuan maupun pembinaan personel, tidak hanya bagi yang bersangkutan namun juga menyeluruh,” ujar Candra.

 

Dilansir dari Inews.id


Loading...

Comment

Berita Terbaru