Laksanakan Rekonsiliasi Bidang Keuangan, TNI AL Adakan Kursus SAIBA Tingkat Operator

  • Whatsapp

Jakarta – Dalam rangka melaksanakan rekonsiliasi internal dan eksternal bidang keuangan, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) mengadakan kursus Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) Tingkat Operator yang dibuka langsung oleh Kadiskual Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso, CHRMP di ruang Rapat Diskual, Mabesal Jakarta Timur, Senin (7/6).

SAIBA adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembukuan keuangan di tingkat satuan kerja (satker) dengan produk yang dihasilkan berupa laporan keuangan yang akan di upload ke dalam aplikasi e-rekon dan LK.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Kadiskual berharap melalui kursus singkat ini akan dapat memberikan pembekalan kepada para peserta khususnya operator satker daerah untuk lebih memahami SAIBA yang digunakan dalam akuntansi pemerintah serta aplikasi penyusunan laporan keuangan TNI Angkatan Laut. “Aplikasi SAIBA dapat digunakan sebagai langkah awal melaksanakan rekonsiliasi internal tingkat satker antara SAIBA dan SIMAK BMN sebelum melaksanakan rekonsiliasi eksternal antara satker dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN),” ujarnya.

Kursus yang diikuti dua puluh peserta ini akan dilaksanakan selama tiga pekan dengan menggunakan dua metode yaitu metode tatap muka di kelas untuk siswa yang berasal dari wilayah Jakarta dan metode vidcon bagi siswa yang berada di luar wilayah Jakarta, hal ini untuk mencegah penularan Covid-19 dalam pelaksanaan. Acara pembukaan kursus ini juga dihadiri Sekdiskual, Kakuwil Mabesal, para Kasubdis dan Ka BP Tabplin Diskual.

(Ivan|dispenal)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *