Latihan Bersama Platoon Exchange-A (Platex-A) Antara TNI AD Dan US ARMY di Hawaii Resmi Dibuka

  • Whatsapp

Hawai – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dalam kegiatan latihan bersama (Latma) ini mengikutsertakan 42 prajurit dari satuan Yonif Para Raider 431 Kostrad dan dari pihak U.S. Army melibatkat dua satuan yaitu 3-4 Cav US. Army dan Ligtning Academy, Latma ini diberi nama Platoon Exchange (Platex)-A.

Bacaan Lainnya

Secara resmi latihan bersama TNI AD Indonesia dan Angkatan Darat Amerika Serikat ini dibuka oleh Col Josh Bookout, Komandan 3rd Infantry Brigade Combat Team US Army di Fort Shafter, F-Quad Scholfield Barrack 25th Infantry Division dan Mayor Inf Kemas Muhammad Nauval Danyonif Para Raider 431 Kostrad sebagai Komandan Kontingen mewakili TNI AD. Hawai, Sabtu (14/11/2020).

Latma Platex-A ini merupakan latihan yang pertama kalinya bagi TNI AD dengan U.S. Army di Daerah Latihan di Honolulu Hawaii tepatnya di Fort Shafter, materi latihan yang diberikan dalam kegiatan Latma Platex -A kali ini antara lain adalah Halang Rintang, Demonstrasi Senjata, Kompetisi Jasmani, Latihan dengan Simulator, Latihan Patroli tanpa kendaraan, dan MOUT /Latihan Pertempuran Kota.

“ 70 tahun hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia, kerja sama pertahanan antara keduanya tidak pernah lebih kuat atau lebih komprehensif seperti saat ini, kami bangga menjadi mitra militer terbesar dari Indonesia dan menantikan latihan yang akan memperdalam kemitraan strategis kami dengan Indonesia, pertukaran ini adalah contoh bagaimana Divisi Pasifik Amerika terus membangun kesiapan dan belajar dari mitra kami di wilayah tersebut,” ungkap Col Bookout.

Tujuan digelarnya latihan bersama (Latma) ini adalah untuk meningkatkan kerjasama, kesepahaman dan profesionalitas prajurit dari kedua negara dalam mengantisipasi setiap bentuk ancaman yang mungkin ditemukan disetiap medan operasi atau penugasan.

Untuk tahun ini, latihan bersama antar kedua negara berlangsung di Hawaii (USA) mulai tanggal 14 November sampai 24 November 2020. (Penkostrad|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *