Letkol Marinir Rino Rianto Jabat Danpusdikif Kodikmar Kodiklatal

  • Whatsapp

Surabaya, Paradigmaindonesia-Letkol Marinir Rino Rianto resmi menjabat Komandan Pusat Pendidikan Infanteri (Danpusdikif) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal menggantikan Kolonel Marinir Yudi Asmar. Prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung Komandan Kodikmar Kolonel Marinir Sarjito M.Si.,CHRMP tersebut dilaksanakan di Gedung Balai Prajurit (Bapra) Kodikmar Gunungsari Surabaya, (27/11/2020).

Hadir dalam acara sertijab tersebut Kadeppers Kodikmar Letkol Mar Hermawan , para Komandan Pusdik, para Komandan Sekolah Kodikmar, Dansatdemlat Kodikmar, Komandan puslat pasrat, Kepala Rumkital Gunungsari, para Kadep Kodikmar dan para Kabag Kodikmar. Kolonel Marinir Yudi Asmar selanjutnya menempati jabatan Asops Kogartab III Surabaya sedangkan Letkol Mar Rino Rianto sebelum menempati jabatan Danpusdikif berdinas di Pasmar 2 Surabaya.

Bacaan Lainnya

Sertijab yang dilangsungkan secara sederhana ini diawali dengan laporan perwira upacara kepada inspektur upacara, penghormatan kepada Dankodikmar, pengambilan sumpah, pembacaan Skep, pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat, tanda jabatan dan tongkat komando, Penandatanganan Pakta Integritas dan Naskah Sertijab dan diakhiri Laporan Resmi.

Komandan Kodikmar Kolonel Marinir Sarjito M.Si.,CHRMP dalam amanatnya mengatakan bahwa jabatan yang diemban seorang prajurit merupakan amanah yang ada batas waktunya, karena memang esensi hakiki dari proses serah terima jabatan adalah upaya organisasi dalam meregenerasi personelnya untuk menjadikan organisasi lebih berkembang untuk memenuhi tuntutan tugas.

Dengan adanya pergantian pejabat, lanjutnya, diharapkan akan membawa suasana dan semangat baru sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi yang semakin kompleks serta akan berdampak positif terhadap peningkatan kinerja organisasi.

Disampaikan pula bahwa Komandan Pusat Pendidikan Infanteri berkedudukan langsung di bawah Komandan Kodikmar, bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan lanjutan Perwira kecabangan komando tempur, pendidikan dasar kecabangan Perwira kejuruan infanteri, pendidikan pembentukan Perwira Reguler, pendidikan pembentukan Bintara, pendidikan pertama Bintara, pendidikan pertama Tamtama dan pendidikan pasukan khusus Marinir, serta melaksanakan pengkajian taktik dasar-dasar pertempuran kesenjataan infanteri, kejuruan non infanteri dan intai amfibi yang diisyaratkan pada strata pendidikan yang bersangkutan. Selain itu juga melaksanakan pembinaan terhadap seluruh kekuatan Pusdikif Kodikmar termasuk sarana dan prasarana pendukungnya.

“Semua itu diperlukan sebagai upaya Kodikmar mewujudkan tekadnya agar setiap lulusan hasil didik mampu menampilkan sosok prajurit Marinir yang senantiasa memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan profesionalisme dan kejuangan prajurit Marinir,” katanya.(pen/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *