oleh

Membawa Mesin Jet Tempur, Apa Fungsi Senjata Aneh Rusia Ini?

Berita MIliter

Peralatan militer milik Rusia ini terlihat aneh. Sistemnya terdiri dari truk Ural-375 6×6 4,5 ton yang membawa Klimov yang dimodifikasi dari Mesin turbojet VK-1. Mesin jet yang pertama kali digunakan pada jet tempur MiG-15 pada tahun 1947. Mesin ini dipasang di dalam sebuah turret di bagian belakang kendaraan.

Sistem ini merupakan peninggalan era Soviet yang disebut sebagai TMS-65U. “TMS” merupakan singkatan dari “teplovoi mashinii spetzialnoi,” yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “mesin panas khusus.”  TMS-65U menjadi salah satu bagian dari Pasukan Perlindungan Nuklir, Biologi, dan Kimia Rusia, yang juga dikenal secara kolektif oleh akronim RKhB dan merayakan ulang tahun ke-100 pada tahun 2018 ini.

Apa fungsi dari senjata ini? Sistem ini nantinya akan menyemburkan cairan dekontaminasi untuk membersihkan kendaraan atau struktur dengan cepat. Operator dapat mengarahkan mesin jet ke kiri dan kanan dan ke atas dan ke bawah untuk mengarahkan semburan ke objek yang diinginkan.

Menggunakna sistem ini akan jauh lebih cepat daripada menggunakan selang atau sikat genggam untuk menghilangkan potensi senjata kimia.

Membersihkan tank

Soal waktu, memang tidak bisa dipungkiri, akan sangat cepat, tetapi sulit membayangkan betapa borosnya cairan dan bahan bakar yang yang diperlukan untuk menjalankan VK-1. Kendaraan itu sendiri membawa kurang dari 240 galon bahan bakar jet untuk mesin.

TMS-65U juga memiliki peran sekunder sebagai kendaraan smokescreen. Kru dapat mengisi tangki yang sama dengan cairan yang menghasilkan asap, seperti bahan bakar minyak, sebagai gantinya. Gas buang yang panas kemudian mengubah cairan ini menjadi asap putih tebal yang dapat melindungi pasukan dari pandangan musuh, setidaknya dari pandangan mata telanjang dan sensor visual tertentu. Meski untuk melawan optik inframerah asap seperti ini tidak akan banyak berguna.

Bisa menyemburkan asap tebal

Tapi mungkin hal yang paling menarik tentang kendaraan adalah penggunaan VK-1 secara terus menerus. Mesin jet ini sudah benar-benar antik dan merupakan turunan dari Rolls-Royce Nene, yang pertama kali beroperasi pada tahun 1944. Selain MiG-15, mesin Klimov juga menggunakan jet tempur MiG-17 dan pembom ringan Il-28.

Ketika Uni Soviet mulai mempensiun pesawat-pesawat itu dari layanan, mereka menemukan banyak surplus VK-1 dan jalur produksi untuk terus membuat suku cadang. TMS-65, dan TMS-65U yang ditingkatkan, hanyalah beberapa dari banyak kendaraan militer dan sipil, yang terus menggunakan mesin pesawat dalam peran non-tradisional.

Banyak kendaraan lain yang mirip seperti ini, seperti menggunakan mesin jet untuk membersihkan salju dengan cepat dari pesawat di bandara atau dari rel kereta api.

Militer Rusia bahkan memiliki versi yang menggunakan knalpot VK-1 untuk menghancurkan puing-puing yang berpotensi berbahaya dari lapangan udara dan dek kapal induknya, Admiral Kuznetsov.

Membersihkan dek kapal induk

Pasukan Perlindungan Nuklir, Biologi, dan Kimia Rusia atau RKhB sudah mulai ada sejak 1918. Saat ini, elemen-elemen ini sebagian besar difokuskan pada identifikasi bahaya nuklir, biologi, dan kimia serta dekontaminasi pada pasukan dan daerah yang terkena dampak.

Tidak ada indikasi bahwa Rusia bermaksud untuk mengganti  TMS-65U dalam waktu dekat. Mereka jelas memiliki peran yang kuat dalam doktrin pertahanan perang kimia militer Rusia.

Tetapi mungkin ada saatnya Rusia memutuskan bahwa VK-1 akhirnya terlalu kuno dan tidak efisien untuk tetap digunakan.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

The post Membawa Mesin Jet Tempur, Apa Fungsi Senjata Aneh Rusia Ini? appeared first on Militer.or.id.

Read More https://www.militer.or.id/14947/membawa-mesin-jet-tempur-apa-fungsi-senjata-aneh-rusia-ini/

Membawa Mesin Jet Tempur, Apa Fungsi Senjata Aneh Rusia Ini?

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed