Rusia memamerkan video yang menunjukkan kapal Ivan Kurs menghancurkan drone laut yang mencoba menyerang. Seperti tidak mau kalah, sehari setelahnya video tandingan muncul yang menunjukkan drone tampaknya berhasil menabrak lambung kapal.

Video pertama  yang dirilis  Kementerian Pertahanan Rusia Rabu 24 Mei 2023  menunjukkan penghancuran salah satu kapal permukaan tak berawak (USV) Ukraina. Drone  meledak secara spektakuler setelah diserang dengan  senapan mesin 14,5mm milik  Ivan Khurs.

Kementerian Pertahanan Rusia menggambarkan serangan itu tidak berhasil dan  ketiga USV dihancurkan. Dan Kapal Ivan Khurs dari Armada Laut Hitam terus memenuhi tugasnya.

Video terbaru yang  muncul  diklaim menunjukkan upaya serangan kapal drone Ukraina  terhadap kapal intelijen Rusia tersebut. Kali ini   dari perspektif salah satu USV yang terlibat.

Asalkan sah, video baru membantu membangun gambaran serangan  yang  bertentangan dengan laporan Rusia. Setidaknya satu USV benar-benar mencapai kapal.

Video terbaru  yang hanya berdurasi sekitar 15 detik tampaknya diambil dari kamera yang ada di salah satu USV saat melaju menuju Ivan Khurs.  Bergerak di tengah tembakan, USV mendekati kapal dan hanya berjarak beberapa kaki dari sisi kiri buritan sebelum kemudian video terputus. Tidak ada tanda-tanda ledakan muatan eksplosif USV atau penghancurannya oleh kapal.

Simak selengkapnya dalam tayangan berikut:

Bagikan:

Ahmad Darowi

militer.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *