Pangkoarmada II Hadiri Pemberangkatan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M UNIFIL TA. 2020

  • Whatsapp

Pangkoarmada II Hadiri Pemberangkatan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M UNIFIL TA. 2020

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 05 Maret 2021.

Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. menghadiri Upacara Pemberangkatan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M UNIFIL TA. 2020 dalam rangka berkontribusi dalam misi perdamaian dunia yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahyanto, S.I.P., dari Dermaga Batu Ampar Batam pada (05/03).

Pada misi tahun ini TNI mengirimkan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. bersama satu unit Helikopter AS 565 Mbe Panther beserta 119 personel Satgas Maritim Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda XXVIII-M/UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) selama 1 Tahun kedepan. Keberangkatan KRI SIM-367 ini merupakan yang ke 3 kalinya dalam Satgas Maritim (MTF)

Dalam sambutannya Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahyanto, S.I.P., mengatakan, “ Sejak tahun 2009 TNI telah mengirimkan kapal perang ke Lebanon, hal ini merupakan kontribusi ke-13 dalam satgas maritim dibawah bendera PBB. Sedangkan tugas lain satgas ini adalah sebagai Duta Bangsa untuk memperkuat hubungan Diplomatik dengan negara sahabat, “ ungkapnya.

Panglima TNI juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kasal, Pangkoarmada I dan Pangkoarmada II yang telah mempersiapkan satgas dengan baik. Dan kepada Dansatgas agar senantiasa menjaga Moril prajurit untuk selalu Disiplin.

Sementara itu disela kegiatan, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang hadir didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono mengatakan, “ KRI SIM-367 dalam mengemban misi MTF UNIFIL ini juga akan menunjukkan profesionalisme TNI AL yang diakui dan sejajar dengan angkatan bersenjata negara-negara lain pada misi PBB di Lebanon atau Troops Contributing Countries (TCC)” ungkapnya.

Sedangkan Pangkoarmada II Laksda TNI Sudihartawan menyampaikan bahwa selama penugasan nanti KRI SIM-367 ini akan memberikan kontribusi kepada Maritime Task Force/UNIFIL mulai dari pelaksanaan patroli rutin, latihan bersama baik dengan Lebanese Armed Forces (LAF) – Navy maupun unsur-unsur Maritime Task Force/UNIFIL lainnya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid -19.

Dalam kesempatan ini Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.I.P dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, secara simbolis melepas tali KRI SIM-367(red).

Sumber : Kadispen Koarmada II

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *