Pangkoarmada II Pimpin Gelar Pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan di Dermaga Ujung

  • Whatsapp

Pangkoarmada II Pimpin Gelar Pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan di Dermaga Ujung

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 2 April 2021

Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan memimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan Tahun 2021 di Dermaga Ujung, Mako Koarmada II Surabaya, Jumat (02/04/2021).

Latihan selama sembilan hari di Laut Jawa dan Laut Natuna tersebut diikuti sekitar 730 personel dengan melibatkan 5 KRI, yakni KRI Raden Eddy Martadinata (REM) -331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Diponegoro-365, KRI Fatahillah-361, dan KRI Clurit-641. Selain itu latihan juga ikut didukung sejumlah alutsista lainnya yaitu pesawat udara dan helikopter.

Pada Apel Gelar Pasukan ini, Laksda Sudihartawan mengatakan bahwa manuver lapangan pada Latopslagab tahun 2021 merupakan bagian dari upaya Koarmada II sebagai kotama operasional, untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan menguji kemampuan alutsista dalam melaksanakan operasi sesungguhnya.

” Pahami dan mengerti serta laksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai tahapan dan prosedur yang telah tertuang dalam rencana operasi, agar sasaran dan rangkaian kegiatan latihan dapat tercapai serta terlaksana secara optimal, ” tegas orang nomor satu di Koarmada II ini kepada seluruh prajurit peserta Latopslagab.

“Latihan ini juga selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono terkait pembangunan SDM TNI AL yang unggul, serta Peningkatan kemampuan di bidang Komando, Kendali, Komunikasi, Komputer, Intelijen, Pengamatan dan Pengintaian (K4IPP) dan siber TNI AL, “ pungkas Laksda Sudihartawan.

Sebelum melepas keberangkatan unsur-unsur menuju medan latihan, Pangkoarmada II menyempatkan untuk melakukan pengecekan. Diantaranya mengecek kesiapan personel yang bertugas di ruang Pos Induk Tempur (PIT) di KRI REM-331, dan KRI Clurit-641.

Sumber : Kadispen Koarmada II

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *