Parade Roll dan Display GS Taruna AAL Iringi Penyambutan Kapal Latih AL Spanyol Juan Sebastian Elcano

  • Whatsapp

Laut Jawa – Parade Roll dan Display Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan 123 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) di atas gladak KRI Bima Suci, mengiringi prosesi penyambutan kedatangan Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol, Juan Sebastian Elcano di Laut Jawa, Selasa (6/4).

Bacaan Lainnya

Menurut Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla mengatakan, prosesi penyambutan diawali dengan peran parade lambung kanan dan lambung kiri.

Dilanjutkan peran Parade Roll oleh para Taruna AAL yang dengan sigap menaiki dan menempati posisi masing-masing di tiang tiang KRI Bima Suci, penghormatan ke Kapal AL Spanyol diiringi Display GS Gita Jala Taruna di atas geladak KRI Bima Suci.

“Setelah melakukan penghormatan, masih diposisi masing masing, para Taruna AAL dan ABK Bima Suci juga melambaikan tangan sebagai ucapan selamat datang di Indonesia dan dilanjutkan dengan Peran Layar yang mengembangkan layar KRI Bima Suci yang juga buatan Spayol ini secara penuh,” terangnya.

Selesai melaksanakan penyambutan lanjut Waluyo, KRI Bima Suci melaksanakan passing exercise sampai ketitik yang ditentukan, selanjutnya Kapal Latih AL Spanyol meninggalkan KRI Bima Suci menuju Jakarta sedangkan KRI Bima Suci yang membawa Taruna AAL kembali menuju kepangkalan Surabaya.

Menurutnya, penyambutan Kapal Latih AL Spanyol ini, dilaksanakan sebagai wujud diplomasi antar kedua negara khususnya di Angkatan Laut yang juga sebagai pengenalan bagi Taruna AAL tentang tradisi-tradisi Angkatan Laut dunia, khususnya bagi Taruna TK II yang sebentar lagi akan melaksanakan KJK 2021.

Ia berharap, Taruna Tingkat ll yang akan melakukan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) dalam waktu dekat ini, mempunyai gambaran tentang tradisi yg dilaksanakan disaat penyambutan tamu kenegaraan seperti ini.

(Arif|bagpen AAL)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *