Penyerahan Kapal Selam Allugoro Buatan PT PAL Ditunda

  • Whatsapp

Kapal Selam KRI Allugoro buatan PT PAL Indonesia di Surabaya rencanaya akan diserahkan pada TNI AL pada 15 Januari 2021 mundur dari jadwal semula pada Desember 2020 ini.

Alasan penggeseran karena ingin mendapatkan momentum yang pas.

“Lebih tepatnya acara seremonial serah-terima digeser tanggal 15 Januari 2021 supaya bertepatan dengan Hari Dharma Samudera sesuai arahan Bapak KSAL,” kata Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero) Utario Esna Putra dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (21/12).

KRI Alugoro adalah kapal selam kelas Chang Bogo ketiga yang dibeli dari Korea Selatan. Kapal ketiga ini dibangun oleh PT PAL sebagai bagian dari alih teknologi dengan bekerja sama Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect.

Peluncuran serta pemberian nama kapal dilakukan pada 11 April 2019 di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Setelah itu Kapal Selam Alugoro menjalani berbagai proses pengujian seperti Harbour Acceptance Test (HAT), SAT.

Indonesia sebenarnya telah menekan lagi perjanjian untuk membeli 3 kapal selama jenis ini sebelum tahun 2019. Tapi Menteri Pertahanan yang baru, Prabowo Subianto, membekukan kontrak itu dan mengincar kapal selam jenis Scorpene buatan Perancis yang lebih canggih.

Informasi Penyerahan Kapal Selam Allugoro Buatan PT PAL Ditunda Sudah Tayang ›› Disini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *