Perang Rahasia China vs Uni Soviet di Afghanistan 1979-1989

  • Whatsapp

Perang Afghanistan vs Uni Soviet yang berlangsung selama 10 tahun antara tahun 1979-1989 selama ini sering didengungkan sebagai perang antara Islam vs Komunis, antara penjajah Uni Soviet melawan Mujahidin Islam.

Apalagi selama perang itu berlangsung, blok Barat sebagai musuh Uni Soviet melalui media terus menberitakan kekejian Uni Soviet dan memberikan dukungan pada propaganda Jihad, pejuang pro Barat sokongan Inggris dan Amerika Serikat.

Selain AS dan Inggris, ternyata China juga turut campur di perang tersebut. China mensuplai senjata dan dana bagi para mujahidin Afghanistan. Lalu apa alasan negara panda itu, bukankah mereka dan Uni Soviet punya faham yang sama, komunisme.

Permusuhan China-Uni Soviet berlangsung sejak 1960an, ketika perekonomian dan militer Tiongkok lebih baik dan kuat, negara itu mulai “Membangkang” dan mengkritik Uni Soviet yang dikatakan tak lebih baik dari Amerika Serikat.

Kudeta Partai Komunis dan penyerbuan Uni Soviet ke Afganistan membuat Tiongkok kahwatir, mereka tak ingin dikepung oleh Uni Soviet dan satelitnya, sehingga Tiongkok memanggil Amerika Serikat untuk bekerja sama. Hal ini didukung sejak tahun 1980an awal, hubungan Amerika Serikat dan Tiongkok mendingin alias akur, Amerika Serikat sendiri banyak menyuplai persenjataan ke Tiongkok dalam rangka memperkuat negeri “Tirai Bambu” tersebut di Xinjiang.

Selama konflik Soviet-Afganistan, chiba memberikan pelatihan militer kepada para mujahidin Afganistan dan memberikan mereka sokongan keuangan. Bahkan, perusahaan militer BUMN Tiongkok yaitu NORINCO memberikan persenjataan macam rudal antipesawat, peluncur roket, dan senapan mesin, senilai ratusan juta, diberikan kepada mujahidin oleh Tiongkok. Selama perang, penasihat militer dan pasukan militer China melatih lebih dari beberapa ribu Mujahidin di dalam Xinjiang dan di sepanjang perbatasan Pakistan, dengan tujuan utama mengusir Soviet sejauh mungkin dari perbatasan China.

Perseteruan Uni Soviet dan China ini dianggap “Bencana Besar” bagi Komunisme dizamannya.

Informasi Perang Rahasia China vs Uni Soviet di Afghanistan 1979-1989 Sudah Tayang ›› Disini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *