Peringati Hari Jadi ke-69 dan Hari Batik Nasional, AAL Launching dan Tetapkan Batik Untuk PNS AAL

  • Whatsapp

Surabaya – Pada peringatan Hari Jadi ke-69 Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Hari Batik Nasional tahun 2020 ini, terasa lebih istimewa dibandingkan peringatan tahun tahun sebelumnya, pasalnya AAL melaunching dan menetapkan Batik untuk digunakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) AAL yang dilangsungkan di Lobby Mako, gedung R. Soebijakto, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Jum’at (2/10).

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. didampingi Ketua Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri AAL melaunching Batik AAL dan memperkenalkan corak, motif Batik AAL kepada Pejabat Utama AAL, Jalasenastri AAL serta perwakilan prajurit dan PNS AAL lainnya.

Bacaan Lainnya

Gubernur AAL menjelaskan ada beberapa makna dalam desain batik yang diluncurkan hari ini. Warna hitam lanjutnya, adalah warna netral yang mampu memberikan nuansa teduh, menjadi warna dasar Batik Akademi Angkatan Laut, sementara daun, bunga-bunga, kerang dan ombak serta cevron dan logo AAL “Hree Dharma Shanty” menjadi ikon khas Kampus AAL.

Dalam acara peluncuran Batik Akademi Angkatan Laut tersebut, Gubernur AAL didampingi Ketua CBS Jalasenastri AAL secara simbolis menyerahkan Batik Akademi Angkatan Laut kepada perwakilan PNS dan Pekerja Harian Lepas (PHL) AAL.

Gubernur berharap, Batik Akademi Angkatan Laut tersebut digunakan setiap hari Jum’at oleh PNS dan PHL AAL sesuai peraturan kedinasan bahwa setiap hari Jum’at PNS TNI AL menggunakan seragam kain batik khas wilayah masing-masing. Selanjutnya Batik Akademi Angkatan Laut akan diserahkan kepada 204 PNS AAL dan 55 PHL AAL.

Ia berharap dengan peluncuran Batik AAL bertepatan dengan peringatan Hari Jadi AAL ke-69 yang diperingatai pada 10 Oktober mendatang dan Hari Batik Nasional pada hari ini, dapat memotivasi para PNS AAL untuk bekerja lebih baik lagi. Peluncuran batik ini juga menjadi salah satu upaya untuk mendorong segala potensi yang ada di AAL.

“Hari ini adalah Hari Batik Nasional, secara internasional Indonesia tercatat di UNESCO PBB sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Selanjutnya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dikuatkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 33 Tahun 2009 tanggal 17 November 2009.

“Dengan peluncuran Batik Akademi Angkatan Laut yang diberikan kepada PNS AAL, semoga ibu dan bapak kalian semakin bersemangat, semakin kompak dan semakin menunjukkan kinerjanya terus lebih baik,” harap Gubernur AAL.(Kabagpen AAL|red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *