Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, seluruh Prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan Upacara Bendera yang dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (28/10) kemarin.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertemakan “Bersatu Bangun Bangsa” ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Peringatan ini merupakan upaya untuk menghadirkan sejarah masa lalu agar direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Selain itu, peringatan ini memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Koorsahli Kasal saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengatakan bahwa meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa menjadi tekad semua pihak. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

“Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras,” ucap Laksda TNI Sudihartawan.

Sementara itu sebagai wujud memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94, Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan menghimbau kepada seluruh prajurit, agar menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong semua pihak untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa. “Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni,” ujarnya.

Hal ini tentunya selaras dengan Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman dan juga menjaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

(Dispenal|Boy)

Bagikan
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *