PERSONEL YONMARHANLAN IX/AMBON PASMAR 3 IKUTI LATIHAN SAR TEKNIK PERTOLONGAN DI PERMUKAAN AIR(

  • Whatsapp

Paradigmaendonesia – Ambon 09/04/21,Dalam rangka memantapkan teknik pencarian dan pertolongan (SAR), Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan pangkalan (Yonmarhanlan) IX/Ambon Pasmar 3 mengikuti pelatihan SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air yang di selenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon di Balai Diklat Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Poka Kota Ambon. Jumat (09/08/2021).

Bacaan Lainnya

Adapun kegiatan pelatihan meliputi teori kelas dengan materi Pengantar Pertolongan di Perairan, Basic Life Support ( BLS) Dan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR).

Sedangkan kegiatan pelatihan Water Rescue dilaksanakan di Perairan Teluk Ambon, selain pelatihan Water Rescue para peserta latihan juga dibekali dengan materi dan praktek bongkar pasang perahu karet, mendayung Perahu Karet dan pengenalan bongkar pasang Motor Tempel (Mopel).

Tujuan dari pelatihan SAR ini adalah meliputi usaha dan kegiatan mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang, menghadapi bahaya dalam musibah pelayaran atau penerbangan serta bencana atau musibah lainnya.

Pada pelatihan SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air tersebut, Yonmarhanlan IX menerjunkan dua prajuritnya untuk mengikuti pelatihan yaitu Serda Marinir Bambang Eka Kurniawan dan Prada Marinir Anwar Aji Pangestu.

Kegiatan pelatihan SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air yang dilaksanakan selama 4 (Empat) hari tersebut melibatkan unsur TNI-Polri diantaranya, perwakilan Korem 151/Binaiya, perwakilan Yonif Raider 733 Masariku, perwakilan Lantamal IX dan perwakilan Yonmarhanlan IX, adapun dari unsur Polri terdiri dari anggota Polresta P. Ambon dan P.P Lesae, anggota Satbrimob Polda Maluku dan anggota Polairud Polda Maluku sedangkan dari unsur Sipil terdiri dari PMI, Tagana, Pramuka, Pecinta Alam dan Mahasiswa.(pen/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *