Prajurit Intelijen TNI AL Terima Penyematan Badge dan Pin Intelijen

  • Whatsapp

Jakarta – Prajurit Intelijen TNI Angkatan Laut (TNI AL) menerima penyematan Badge dan Pin Hanoman Intelijen TNI AL yang disematkan secara langsung Kepala Dinas Pengamanan dan Persandian TNI Angkatan Laut (Kadispamsanal) Laksamana Pertama TNI Indaryanto, bertempat di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4).

Bacaan Lainnya

Penyematan Badge dan Pin adalah sebuah wujud rasa syukur dan kebanggaan bagi personel yang berdinas di lingkungan intelijen TNI AL. Prajurit yang mendapatkan anugerah penyematan Badge dan Pin Hanoman yakni personel yang berdinas di Dinas Pengamanan dan Persandian TNI Angkatan Laut (Dispamsanal), Laboraturium Pengamanan Sistem Jaringan (Labpamsisjar) dan Satuan Pengamanan Kedinasan.

Dalam amanatnya Kadispamsanal mengatakan bahwa, logo yang terdapat dibadge dan pin memiliki arti mendalam yang syarat akan makna. Pertama yaitu Wayang Hanoman dimana personel Intelijen TNI AL harus memiliki kemampuan seperti Hanoman yang mampu menjadi seorang Ksatria yang gagah, berani, cerdas, disiplin tinggi serta memiliki jiwa pengabdian yang tinggi pada bangsa dan negara dalam menjalankan tugas intelijen. Kedua yaitu langit biru, lautan dengan tujuh ombak dan rumput hijau yang bermakna harus mampu bertugas di tiga media yakni udara, laut dan daratan. Ketiga yaitu terdapatnya lingkaran tali tros dan lingkaran biru putih melambangkan Trisila TNI AL serta lingkaran merah yakni harus mempunyai keberanian dalam menjalan tugas.

Lebih lanjut Laksma TNI Indaryanto menjelaskan terdapatnya tulisan “Tan Hana Bhakti Pupus” yang artinya pengabdian tiada akhir dari prajurit Intelijen TNI AL kepada bangsa dan negara sampai ajal menjemput.

“Dengan dilaksanakannya penyematan Badge dan Pin ini diharapkan personel yang telah memakainya dapat menambah rasa kebanggaan sebagai insan Hanoman Intelijen TNI AL yang mampu menjalan tugas dan wewenang dengan sungguh-sungguh, disiplin, berani, profesional dan menjaga rahasia intelijen serta dapat meningkatkan deteksi dan cegah dini terhadap hal-hal yang dapat merugikan pribadi maupun instansi,” tegasnya.

Pelaksanaan penyematan Badge dan Pin Hanoman Intelijen TNI AL sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni mewujudkan insan intelijen yang lebih profesional untuk meningkatkan fungsi intelijen dan Siber TNI AL dengan memegang teguh kode etik intelijen TNI AL dalam menghadapi ancaman di segala kondisi.

(Niken|dispenal)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *