Prajurit Koarmada III Bangun Pulau Soop Jadi Kampung Bahari Nusantara

  • Whatsapp

Paradigmaendonesia – Papua 31/03/21, Sejumlah prajurit Komando Armada (Koarmada) III melaksanakan karya bakti di Pulau Soop, Papua Barat, sejak 16 Maret 2021. Karya bakti bersama warga setempat antara lain membangun jalan desa, renovasi bangunan sekolah, Gereja, Masjid, dan logistik wilayah serta pembinaan potensi maritim. Hingga minggu ketiga, Rabu (31/3/2021) berbagai sarana dan prasarana telah direnovasi dan dibangun.

 

Bacaan Lainnya

Karya bakti ini merupakan salah satu upaya Koarmada III secara aktif mewujudkan program TNI Angkatan Laut “Kampung Bahari Nusantara” sebagaimana yang telah dicanangkan Kepala Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., tahun 2020.

Selain karya bakti, Koarmada III juga akan melaksanakan bakti kesehatan atau pengobatan gratis, sekaligus mendistribusikan bantuan sembako kepada masyarakat Pulau Soop yang hanya dapat dijangkau dengan transportasi laut. Karya bakti tersebut sebagai bentuk kepedulian dan perhatian prajurit TNI AL serta warga sekitar, agar tercipta hubungan baik dan terjalin rasa kebersamaan secara langsung prajurit dengan rakyat.

Asisten Potensi Maritim Panglima Koarmada III, Kolonel Marinir Budiarso, S.E., mengatakan bahwa karya bakti prajurit TNI AL, dalam hal ini Koarmada III di Pulau Soop dimulai tanggal 16 Maret sampai dengan 8 April 2021. “Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud sinergitas, kepedulian dan peran serta TNI dalam mendukung pelaksanaan program percepatan pembangunan daerah serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau transportasi apapun”, ujarnya.

Pulau Soop terletak di utara Selat Sele dan di lepas pantai barat laut Semenanjung Kepala Burung, terletak pada jarak sekitar empat kilometer (2,5 mil) barat Kota Sorong di daratan, 2,5 kilometer (1,6 mil) barat pulau Doom , 3 kilometer (1,9 mil) barat laut dari Pulau Nana (tidak berpenghuni), enam kilometer (3,7 mil) timur laut Pulau Jefman, dan lima kilometer (3,1 mil) selatan Pulau Raam. Soop memiliki panjang 3,3 kilometer (2,1 mil) dan lebar hingga 1,3 kilometer (0,81 mil), dengan luas 2,67 kilometer persegi (1,03 mil persegi).(pen/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *