PT PAL Rampungkan Overhaul Kapal Selam KRI Cakra-401

PT PAL Rampungkan Overhaul Kapal Selam KRI Cakra-401 Portal Berita Militer Indonesia

Setelah dinyatakan sukses di tahap Commodore Inspection pada 22 November 2021 silam, kapal selam KRI Cakra-401 yang telah selesai melakukan overhaul resmi diserahterimakan oleh CEO PT PAL Indonesia Bapak Kaharuddin Djenod kepada Kementerian Pertahanan RI, yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Dirjen Kuathan Kemhan RI Laksda TNI Bambang Irwanto.

“overhaul kapal selam ini memiliki nilai yang sangat strategis bagi PT PAL. Meski kini kita berada ditengah pandemi Covid-19, yang menyebabkan asistensi perbaikan oleh DSME dan tenaga ahli asing secara virtual, hal tersebut memaksa PAL untuk melakukan overhaul secara mandiri. Hal ini menjadi berkah bagi PT PAL, karena diberi kesempatan untuk memiliki pengalamanan setara 35% seperti membangun kapal selam baru. Dengan keberhasilan overhaul ini PAL setidaknya sudah menguasai 65% proses pembangunan kapal selam baru, baik dari desain maupun penguasaan teknologinya” kata CEO PAL dalam acara Acara yang berlangsung di gedung PIP lt 4

Bacaan Lainnya

Penandatanganan berita acara serahterima operasional hasil overhaul KRI Cakra-401 oleh CEO PAL Bapak Kaharuddin Djenod dengan Laksda TNI Bambang Irwanto Dirjen Kuathan Kemhan RI pada 21 Februari 2022.

Sebelumnya kapal selam diesel-electric tipe U209/1300 KRI Cakra-401 telah melakukan serangkaian uji coba (HAT & SAT), dan Commodore Inspection untuk meninjau kesesuaian dan kelaikan hasil dari overhaul (OVH) atau perbaikan menyeluruh pada kapal selam KRI Cakra-401 sesuai yang diamanatkan dalam kontrak.

Merupakan hal yang lazim pada MRO Alutsista khususnya dalam overhaul KRI Cakra-401 terdapat banyak penyempurnaan baik berupa penggantian baru maupun perbaikan secara menyeluruh terhadap komponen seperti badan tekan/pressure hull, sistem mekanik & elektrik, sensor & navigasi, serta sistem senjata secara detail. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mencapai performa maksimal.

Dengan hasil overhaul KRI Cakra-401 yang dinilai laik dan memuaskan bagi user, menjadi bukti kapabilitas PAL dalam penguasaan teknologi kapal selam telah mengalami peningkatan yang signifikan. Mengingat overhaul yang telah dilakukan tidak hanya perbaikan namun juga penggantian baru khususnya pada bagiab badan kapal, sehingga hal ini dapat menjadi modal bagi PAL untuk kedepan dapat mewujudkan Whole Local Production kapal selam sehingga mampu memajukan dan menguatkan pertahanan maritim nasional.

(PT PAL)

Informasi PT PAL Rampungkan Overhaul Kapal Selam KRI Cakra-401 Sebelumnya sudah tayang di https://militermeter.com/pt-pal-rampungkan-overhaul-kapal-selam-kri-cakra-401/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.