Rayu Prabowo, AS Cabut Larangan Masuk Setelah 20 Tahun

  • Whatsapp

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto benar-benar jadi rebutan dua kekuatan dunia saat ini, selama 20 tahun sejak 1998, Prabowo dicekal masuk ke Amerika Serikat (AS), namun sekarang secara mengejutkan AS mencabut larangan tersebut.

Bahkan Pemerinah AS mengundang Prabowo dalam sebuah jamuan makan. Media asal China, South China Morning Post menyebut, langkah ini dilakukan AS untuk menyeimbangkan pengaruh militer dan ekonomi China yang tumbuh di negara terbesar di Asia Tenggara ini.

Seperti diketahui, China sedang mengembangkan pengaruhnya di Asia Pasifik dan AS perlu Indonesia sebagai mitra untuk membendung chinasisasi itu .

Tahun 2000 Parabowo ditolak saat mengajukan visa AS ketika ia ingin menghadiri wisuda putranya di Boston.
Dia juga mengaku kepada Reuters pada tahun 2012 bahwa dia masih belum bisa mendapatkan visa AS.

Ia dituding berada di balik kerusuhan yang menewaskan lebih dari 1.000 orang setelah jatuhnya mantan presiden Suharto pada tahun 1998.

Sampai setahun setelah menjabat Menteri Pertahanan, Prabowo masih dicekal masuk AS. Padahal di periode itu China dan Rusia termasuk agresif mengundang Prabowo. Dia juga diundang ke Rusia menghadiri pagelaran militer.

Namun di sisi lain, Prabowo juga tetap merayu AS dengan menginginkan pesawat F-16 Viper dibandingkan Sukhoi buatan Rusia.

Makanya AS pun akhirnya luluh pada Prabowo, dia akan diundang ke AS pertengahan Oktober nanti.

Mengutip seorang pengamat dari National War College di Washington, Zachary Abuza menilai ini kemenangan Prabowo. “Jelas AS telah membebaskan sanksi demi hubungan bilateral,” katanya ditulis SCMP.

Sementara itu peneliti di S Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University mengatakan menyeimbangkan pengaruh China penting bagi AS. “Untuk memastikan Indonesia tidak terlalu jauh ke pihak China,” kata Alex Arifianto masih dikutip dari media yang sama.

“China telah secara signifikan meningkatkan investasi militer dan ekonominya – terutama infrastruktur dan pertambangan – di Indonesia sejak pemerintahan [Presiden Joko Widodo] menjabat pada tahun 2014,” jelasnya lagi.

Informasi Rayu Prabowo, AS Cabut Larangan Masuk Setelah 20 Tahun Sudah Tayang ›› Disini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *