Sederhana Tapi Khidmat, Peringatan HUT Ke-59 Kopaska di Koarmada III

  • Whatsapp

Sederhana Tapi Khidmat, Peringatan HUT Ke-59 Kopaska di Koarmada III

Komando Pasukan Katak (Kopaska) merayakan hari jadi ke-59 secara sederhana di Markas Panglima, Mako Koarmada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Rabu (31/3/2021). Meskipun sederhana tetapi khidmat yang diawali dengan menyanyikan lagu “Mars Kopaska”.

Acara dilanjutkan sambutan singkat Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han)., doa, dan diakhiri pemotongan tumpeng oleh Pangkoarmada III diberikan kepada prajurit berprestasi, diantaranya Mayor Laut (KH) Dominikus Tedju. Peringatan ulang tahun tersebut hanya dihadiri para Asisten Pangkoarmada III, Komandan Satuan dan Kepala Dinas jajaran Koarmada III dengan berpedoman protokol kesehatan, seperti physical distancing dan menggunakan masker.

Pangkoarmada III mengatakan, peringatan ulang tahun ini sengaja dilaksanakan secara singkat dan sederhana. Namun demikian, kesemuanya tidak mengurangi nilai-nilai tradisi, dan makna dari peringatan itu sendiri. “Hari ini sangat istimewa, khususnya Pasukan Katak. 59 tahun yang lalu atau 31 Maret 1962, Kopaska diresmikan. Namun demikian, sejarah Kopaska tidak lepas dari perjuangan merebut Kemerdekaan Republik Indonesia. Waktu itu, Angkatan Laut Republik Indonesia dipersulit blokade laut yang dilakukan oleh Angkatan Laut Belanda, Koninklijk Marine (KM) punya alat perang yang lebih canggih. Kopaska terlibat dalam menembus blokade laut tersebut,” tegasnya.

Menurut Pangkoarmada III bahwa Kopaska selalu hadir dalam setiap perjuangan dan penugasan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, diantaranya Operasi Trikora, Operasi Seroja Timor-Timur, dan sejumlah Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang lainnya.

Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III menegaskan kepada prajurit Kopaska Koarmada III senantiasa mewarisi nilai-nilai dan meneruskan perjuangan para pendahulu. Sebab, ke depan tantangan yang akan dihadapi di medan penugasan semakin sulit dan menuntut profesionalitas yang tinggi. “Perhatian Pemimpin TNI Angkatan Laut terhadap Kopaska sangat besar, antara lain terbentuknya Pusat Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut,” ujarnya.

Sumber :  Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *